Friday, May 24, 2019

Mengenal Sosok Jagoan Coding Dari Bancar Tuban


Mengenal Sosok Jagoan Coding Dari Bancar Tuban
Oleh: Joyo Juwoto

Pembaca dan peselancar dunia maya mungkin pernah membaca artikel di sebuah blog yang cukup familiar di dunia blogger Tuban, blognya adalah  http://perahulayarkertas.com dan juga mengelola https://andhikanurafian.web.id/. Blog ini tampilannya cukup dinamis  dan menyediakan konten-konten yang layak untuk kita baca dan kita telusuri guna menambah wawasan berfikir dan ilmu pengetahuan kita.

Jika para pembaca menyempatan diri untuk kepoin blog tersebut, maka pembaca akan tahu bahwa yang menakhkodai dari blog tersebut adalah seorang pemuda ganteng yang bernama  Andhika Nur Afian. Dari profilnya pemuda yang pakar dalam bidang Web Develover, Android Development, dan juga seorang Analis IT/IS ini berasal dari Dsn. Kradenan RT03 RW01 Sukolilo Bancar Kab. Tuban.

Pemuda yang bekerja di Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu ini selain menekuni dunia blogger juga menekuni dunia coding. Saya sendiri tidak begitu paham berbagai istilah di dunia percodingan. Mumet sekali bagi kalangan awam seperti saya ini. Seperti yang saya katakana di awal mas Andhika ini jago coding, sehingga tidak heran jika beliau banyak membuat aplikasi berbasis android yang kemudian di upload di play store.

Silakan di cek di sinihttps://play.google.com/store/apps/dev?id=6275316945841358488. Ada beberapa aplikasi yang telah dibuat oleh pemuda lulusan Unirow jurusan teknik informatika ini, diantaranya adalah:

Program-program aplikasi berbasis android yang dibuat oleh Mas Andhika cukup bagus, dan ini sangat dibutuhkan oleh generasi anak bangsa era milenial ini.

Kita doakan, semoga Mas Andhika sehat dan sukses selalu, dan ke depannya, Mas Andhika terus dan terus bisa berkarya menciptakan program-program lain yang lebih banyak lagi, karena memang generasi milenial sekarang lebih banyak membuka dan mengenal dunia maya, untuk belajar dan meningkatkan kopetensinya di berbagai bidang.

Demikian sekilas mengenai sosok Mas Andhika jagoan coding kita dari Bancar, semoga karya-karya beliau menginspirasi kita semua. Aamiin.

Wednesday, May 15, 2019

Mau tahu dukunnya Pernak-pernik dunia web di Tuban?


Mau tahu dukunnya Pernak-pernik dunia web di Tuban?
Oleh: Joyo Juwoto

Saya membuat blog sudah cukum lama, sekitar tahun 2009. Waktu itu saya hanya iseng-iseng saja membuat blog dengan media hp. Mumpung internet mulai dikenal dan hp-hp yang mempunyai fasilitas online ke internet mulai dikenal di tengah masyarakat saya. Selain membuat blog saya juga membuat media sosial facebook, yang waktu itu penggunanya di tempat saya masih minim.

Walau  cukup lama, ternyata saya tidak mengalami perkembangan apapun di dunia blog ini, istilah-istilahnya saja saya gagap untuk menyebutkannya. Karena memang saya membuat blog waktu itu hanya untuk menyimpan dan mempublis tulisan yang saya buat ala kadarnya. Jadu jangan heran walaupun saya sudah lama ngeblog, tetapi saya masih sangat asing dengan pernak-pernik dunia web ini.

Dari keisengan saya membuat blog waktu itu saya banyak membuat blog, mulai dari blogspot.com, wordpress.com, multiply.com dan satu lagi saya lupa platform blognya yang pasti semua gratis tanpa membayar dan tinggal memakai dari subernya secara langsung.

Waktu terus berlalu dan saya terus ngeblog secara ototidak, tepatnya saya menulis di blog saya, dan saya bagikan di media sosial, blog saya yang aktif saya isi waktu itu adalah www.4bangilan.blogspot.com. Walaupun dalam dunia perbloggeran saya hanya focus di dubia tulis menulis saya cukup merasa senang, aktivtas saya inilah yang akhirnya mengantarkan saya masuk dan menjadi anggota Blogger Tuban.

Dari sini saya banyak mengenal para blogger yang cukup luar biasa, salah satunya adalah Mas Bakhtiyar. Sosok bapak-bapak muda ini cukup piawai dalam dunia blogger. Beliau tidak hanya sekedar sebagai pengguna dan pemakai blogger pasif seperti saya, namun mas Bek ini, juga menekuni pernak-pernik dunia web, apapun tentang web beliau ini dukunnya.

Dari dunia blogger inilah akhirnya blog saya yang awalnya gratisan dari google akhirnya saya pesankan domain di https://hosterbyte.com/ milik mas bakhtiyar, setelah memikir dan menimbang blogspot saya domainnya saya ubah menjadi www.joyojuwoto.com, sesuai dengan nama saya. Dari perubahan nama ini saya merasa menjadi orang yang keren. Hehe..pd dikit gak papa kan?

Proses perubahan domain di https://hosterbyte.com/ yang dikelola oleh mas Bek saya kurang paham, saya hanya pasrah saja kepada beliaunya, tompo resik dan harganya cukup murah meriah sekali.

Selain melayani domain https://hosterbyte.com/ ini juga melayani hosting, VPS, dan masih banyak lagi yang saya tidak begitu paham istilah-istilahnya. Jika berkenan menengoknya silakan di akses di sini https://masbek.id/hosting-website-di-tuban-ada-di-hosterbyte-com/ semuanya komplit tinggal dibaca. Jika pembaca masih kurang paham, bisa mengontak langsung Mas Bakhtiyar dukunnya weblog di kota Tuban.


Pemilu, Kretek Dan Secangkir Kopi Untuk Negeriku


Pemilu, Kretek Dan Secangkir Kopi Untuk Negeriku
Oleh: Joyo Juwoto


Hiruk pikuk pemilu tlah usai kawan
Mari menepi kembali
Di meja-meja warung kopi
Kita angkat secangkir kopi persaudaraan
Yang  menyatukan kembali kerukunan kita

Pemilu tlah kita lewati penuh kedamaian kawan
Mari Kita hisap bersama
Harumnya kretek-kretek keguyuban
yang asap tembakau dan cengkehnya
mengingatkan kita akan ke-Indonesiaan

Wahai kawan!
Pemilu bukan untuk berseteru
tapi pemilu adalah pesta kemenangan rakyat
pesta demokrasi kita bersama
pesta dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat

Seharusnya begitu
Walau mungkin,banyak hal yang belum
seperti itu
tapi bukan berarti wajah demokrasi
kita lukis dengan kanvas anarkhi

Wahai kawan!
Pemilu adalah ajang bersatu
wahai politisi, wahai para caleg, wahai semua rakyat

jangan kau kotori pemilu dengan ambisi dan nafsumu
mari rajut kembali semua perbedaan
dalam kebhinekaan yang tunggal ika

Kita minum dari air yang sama
kita menghirup udara nusantara
kita berdiri di bumi persada Indonesia
saatnya kita kembali dalam pangkuan ibu pertiwi
mengeyahkan segala perbedaan

rapikan bendera parpol
lipat kembali bendera ormas
singkirkan bendera ego
dan kita kibarkan bersama merah putih
di seantero bumi Nusantara tercinta.

*Puisi ini dibacakan saat acara scooterist for Indonesia di gedung serbaguna kec. Bangilan.