Wednesday, May 15, 2019

Mau tahu dukunnya Pernak-pernik dunia web di Tuban?


Mau tahu dukunnya Pernak-pernik dunia web di Tuban?
Oleh: Joyo Juwoto

Saya membuat blog sudah cukum lama, sekitar tahun 2009. Waktu itu saya hanya iseng-iseng saja membuat blog dengan media hp. Mumpung internet mulai dikenal dan hp-hp yang mempunyai fasilitas online ke internet mulai dikenal di tengah masyarakat saya. Selain membuat blog saya juga membuat media sosial facebook, yang waktu itu penggunanya di tempat saya masih minim.

Walau  cukup lama, ternyata saya tidak mengalami perkembangan apapun di dunia blog ini, istilah-istilahnya saja saya gagap untuk menyebutkannya. Karena memang saya membuat blog waktu itu hanya untuk menyimpan dan mempublis tulisan yang saya buat ala kadarnya. Jadu jangan heran walaupun saya sudah lama ngeblog, tetapi saya masih sangat asing dengan pernak-pernik dunia web ini.

Dari keisengan saya membuat blog waktu itu saya banyak membuat blog, mulai dari blogspot.com, wordpress.com, multiply.com dan satu lagi saya lupa platform blognya yang pasti semua gratis tanpa membayar dan tinggal memakai dari subernya secara langsung.

Waktu terus berlalu dan saya terus ngeblog secara ototidak, tepatnya saya menulis di blog saya, dan saya bagikan di media sosial, blog saya yang aktif saya isi waktu itu adalah www.4bangilan.blogspot.com. Walaupun dalam dunia perbloggeran saya hanya focus di dubia tulis menulis saya cukup merasa senang, aktivtas saya inilah yang akhirnya mengantarkan saya masuk dan menjadi anggota Blogger Tuban.

Dari sini saya banyak mengenal para blogger yang cukup luar biasa, salah satunya adalah Mas Bakhtiyar. Sosok bapak-bapak muda ini cukup piawai dalam dunia blogger. Beliau tidak hanya sekedar sebagai pengguna dan pemakai blogger pasif seperti saya, namun mas Bek ini, juga menekuni pernak-pernik dunia web, apapun tentang web beliau ini dukunnya.

Dari dunia blogger inilah akhirnya blog saya yang awalnya gratisan dari google akhirnya saya pesankan domain di https://hosterbyte.com/ milik mas bakhtiyar, setelah memikir dan menimbang blogspot saya domainnya saya ubah menjadi www.joyojuwoto.com, sesuai dengan nama saya. Dari perubahan nama ini saya merasa menjadi orang yang keren. Hehe..pd dikit gak papa kan?

Proses perubahan domain di https://hosterbyte.com/ yang dikelola oleh mas Bek saya kurang paham, saya hanya pasrah saja kepada beliaunya, tompo resik dan harganya cukup murah meriah sekali.

Selain melayani domain https://hosterbyte.com/ ini juga melayani hosting, VPS, dan masih banyak lagi yang saya tidak begitu paham istilah-istilahnya. Jika berkenan menengoknya silakan di akses di sini https://masbek.id/hosting-website-di-tuban-ada-di-hosterbyte-com/ semuanya komplit tinggal dibaca. Jika pembaca masih kurang paham, bisa mengontak langsung Mas Bakhtiyar dukunnya weblog di kota Tuban.


1 comment:

  1. Apik iki. Kudune judule "Ketika Dukun Menulis tentang Dukun" he he he

    ReplyDelete