Saturday, May 11, 2019

Back To Nature Bersama Orgomedia


Back To Nature Bersama Orgomedia

Siapapun sepakat bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting dari kehidupan seseorang. Orang boleh sekaya apapun dengan harta yang melimpah ruah, namun jika tidak sehat apalah gunanya harta yang ia punyai. Oleh karena itu mumpung kita dikasih sehat maka bersyukurlah dengan cara salah satunya adalah menabung sehat sejak dini.

Lalu bagaimana caranya menabung sehat sejak dini? Jika uang tempat penabungannya jelas di bank-bank atau koperasi, lalu bagaimana caranya menabung sehat? Adakah bank atau lembaga yang menangani tabungan kesehatan tubuh kita? Jawabannya tentu tidak ada, masalah kesehatan harus kita jaga sendiri dengan baik, jika kita sakit mungkin bisa kita bawa ke rumah sakit, klinik kesehatan, atau bahkan dukun suwuk, tapi untuk menabung sehat kita perlu kesadaran dari diri kita sendiri.

Dalam ajaran Islam sebenarnya sudah ada kata kunci untuk menabung dan menjaga kesehatan tubuh, diantaranya adalah berhati-hati dalam memilih makanan. Karena sumber utama kesehatan berasal dari apa yang kita makan, oleh karena itu jagalah sesuatu yang masuk ke dalam perut kita.

Dalam sebuah riwayat dikatakan : المعدة بيت الدّاء, ada yang mengatakan ini adalah nasehatnya dokter Arab, Harits bin Kaldah yang artinya adalah : “Lambung adalah rumah penyakit.” Maka berhati-hatilah dalam mengisi perutmu dengan makanan ataupun minuman. Pilihlah makanan dan minuman yang halal dan thayyib.

Berkenaan dengan makanan halal Islam sudah mengaturnya dengan cukup baik, sedang makanan yang thayyib ini sekarang yang banyak menjadi kendala di tengah masyarakat.

Sekarang ini makanan banyak menggunakan zat-zat yang kadang berbahaya, seperti pewarna, perasa, dan zat-zat lain yang berbahaya bagi tubuh manusia. Tidak hanya itu, di era pabrik, proses tumbuh berkembangnya tanaman juga banyak menggunakan zat-zat yang kadang berbahaya, walau secara langsung dampaknya belum kita rasakan.

Oleh karena itu, signal masyarakat untuk  back to nature, kembali kepada alam mulai bisa kita lihat. Di perkotaan makanan dan sayuran organic mulai dilirik oleh pasar. Kesempatan ini ternyata tidak dilewatkan oleh Jasmito, seorang pemuda Nambangan Kab. Tuban. Kang Ito sapaan akrab pemuda yang mengawali karier penjualan sayuran organic di kota Malang ini segera mengeksekusi pasar sayuran organik.

Berbekal kecintaannya terhadap dunia pertanian, dan juga latar belakangnya sebagai anak petani di kampungnya, Kang Ito memulai usahanya menjual sayuran organic di lingkungannya, sayuran itu ia tawarkan kepada koleganya, tetangganya, dan juga dosen-dosennya di mana ia juga kuliah.

Selain itu Kang Ito juga membuka pasar online melalui media sosial, melalui akun instagramnya, dan juga lewat blog yang ia kelola. Barangkali pembaca bisa melihatnya langsung di https://orgomedia.com/ . Jika diantara pembaca tertarik dan ingin berbisnis semisal Kang Ito, saya kira pemuda dari Nambangan itu tidak akan pelit berbagi ilmunya, silakan saja dikontak melalui akun media sosial Kang Ito petani sayuran organic yang lagi ngehits di dunia maya.




No comments:

Post a Comment