Sunday, December 23, 2018

Asyiknya Agrowisata Petik Jambu Kristal di Simo, Sukoharjo Bancar

Asyiknya Agrowisata Petik Jambu Kristal di Simo, Sukoharjo Bancar
Oleh: Joyo Juwoto

Wisata pantai memang masih menjadi andalan dan jujugan warga pada saat liburan seperti sekarang ini, namun tidak ada salahnya jika saat liburan kita mencoba berwisata di tempat lain, seperti di kebun, di ladang dengan panorama alam yang indah dan tempat-tempat non mainstream lainnya.
Di Kec. Bancar, tepatnya di dusun Simo desa Sukoharjo terdapat agrowisata yang cukup edukatif yaitu wisata petik buah jambu kristal. Selain disuguhi pemandangan lebatnya pepohonan jambu, kita juga bisa menikmati hijaunya ladang dan persawahan penduduk.
Untuk menuju lokasi perkebunan jambu cukup mudah, jalannya juga sudah teraspal halus, jadi tidak perlu khawatir dengan akses  jalan ke sana. Rute yang bisa ditempuh baik dari arah jalan raya Bulu maupun jalan raya Jatirogo sama, yaitu dari pertigaan Canguk ke arah timur melewati desa Siding, sampai di desa Sukoharjo. Jika bingung jalan terbaik tentu bertanya dengan warga sekitar.
Di sepanjang perjalanan udaranya cukup segar, karena memang lahannya mayoritas masih hijau ladang dan persawahan. Pohon juwet, dan jambu mente banyak sekali tumbuh di sepanjang perjalanan. Jika musim buah, tentu kita bisa mencicipi buah-buahan tersebut, sebelum sampai di lokasi agrowisata petik jambu kristal.
Bu Wiwin, pemilik sekaligus pengelola kebun jambu kristal bercerita, bahwa kebun yang dimilikinya seluas lebih kurang 2 hektar. Kebun itu dikelola bersama suaminya, semenjak satu setengah tahun yang lalu. Walau tidak begitu getol dipromosikan di media sosial, hampir setiap hari selalu saja ada pengunjung yang berwisata, pengunjung kebanyakan dari daerah Sarang, Kragan, dan sekitarnya.
Di sela-sela kesibukannya melayani pengunjung Bu Wiwin, bercerita kepada penulis "Ini memang tidak begitu saya promosikan mas, soalnya khawatir jika pengunjung membludak sedang kebunnya belum mampu menampung banyak pengunjung." Sahut ibu yang aslinya berasal dari Tambakboyo itu.
Tiket masuk ke kebun jambu dipatok cukup murah, Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah) pengunjung bisa sepuasnya menikmati segarnya buah jambu langsung dari pohonnya. Selain itu, jika pengunjung ingin membawa oleh-oleh pulang, satu kilo jambu kristal bisa dibeli seharga  Rp. 20.000 (dua puluh ribu rupiah).
Dijamin deh pengunjung akan ketagihan dan senang berkunjung di area agrowisata petik jambu kristal yang ada di wilayah kecamatan Bancar. Ayo yang belum pernah ke sana silakan dicoba.
*Joyo Juwoto, penulis adalah seorang blogger yang tinggal di Bangilan Tuban.

No comments:

Post a Comment