Monday, June 11, 2018

ISBAT Berbagi Kebahagiaan Dari Ujung Ke Ujung Kota Bangilan

ISBAT Berbagi Kebahagiaan Dari Ujung Ke Ujung Kota Bangilan
Oleh : Joyo Juwoto

Alhamdulillah, segala puji dan syukur bagi Allah yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua, teman-teman komunitas ISBAT (Informasi Seputar Bangilan Tuban), untuk bisa berbagi kebahagiaan dari ujung ke ujung dalam program “Ketuk Pintu Bagi Sembako” untuk kaum dhuafa yang ada di desa-desa se-kecamatan Bangilan.

Acara “Ketuk Pintu” ISBAT ini dilaksanakan hari Minggu, tanggal 10 Juni 2018. Start acara jam 09.00 WIB, berangkat dari base camp ISBAT di rumah Pak Maskin dusun Pulut desa Bangilan. Ada sebanyak 115 paket sembako yang dibagikan dari ujung dusun Ngleri desa Sidotentrem hingga ke puncak dusun Tawun desa Kumpulrejo. Kegiatan ini nantinya diakhiri dengan buka bersama di rumah sahabat ISBAT, Mas Suliswanto. Untuk yang terakhir ini, kita semua dari ISBAT mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga Mas Suliswanto atas undangan buka bersama dengan menu andalan yang maknyus, sambel terongnya.


Walau kegiatan ini dilaksanakan saat puasa, dan cuacanya cukup panas, namun tidak mengurangi keguyuban dan kekompakan pengurus dan Sahabat ISBAT membagikan sembako. Dengan penuh semangat empat lima dan tetesan keringat yang membasahi badan, satu per satu paket sembako tersalurkan kepada yang berhak. Alhamdulillah, luar biasa.

Jalan berbelok dan berliku, naik turun lembah dan tanjakan, kerikil tajam dan debu-debu jalanan membuat kegiatan ini sangat seru, apalagi di desa-desa terpencil yang tidak semua jalannya beraspal, sungguh menjadi pengalaman yang luar biasa mengasyikkan bagi kami semua.

Banyak pengalaman fisik maupun ruhani yang membuat kita bergumam, Masya Allah, Subhanallah, Astagfirullah, melihat secara langsung dari dekat, sebagian saudara-saudara kita yang mungkin belum seberuntung kita, ada rasa kesyukuran-kesyukuran yang harus kita rayakan dengan lebih banyak berbagi kebahagiaan kepada mereka, walau mungkin hanya sekedar senyuman ringan.

“Progam “Ketuk Pintu” ISBAT dapat terlaksana dengan baik atas dukungan warga Bangilan dan orang-orang yang mempunyai empati dan kepedulian terhadap nasib dhuafa. Terima kasih Pak Maftuchin, Mbak Siti Rokhani, Mbak Erna Haliyanti S, Mbak Dwik Elviana yang telah melibatkan diri dalam acara ini.” demikian yang disampaikan oleh Pak Maskin, selaku kordinator kegiatan ISBAT.

“Selaku ketua ISBAT secara pribadi saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pengurus dan donatur sahabat ISBAT yang ikut serta menyukseskan program ISBAT peduli, semoga acara ini bisa rutin dilaksanakan sebulan sekali.” Begitu kata Pak Muin Bekam.

Bersyukurlah kita semua masih bisa menikmati keberkahan bulan yang mulia yaitu bulan ramadhan, boleh jadi ini adalah ramadhan kita untuk terakhir kalinya, bersyukurlah dengan rezeki yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita, rasa syukur ini bisa dengan lisan maupun perbuatan. Ucapan syukur alhamdulillah dan perbuatan berbagi kebahagiaan dengan cara menyedekahkan kepada orang-orang yang berhak adalah wujud kesyukuran atas berlimpahnya reseki yang dianugerahkan Tuhan kepada kita, mumpung kita masih di bulan pelipatgandaan amal kebaikan.


Bukalah gorden, jendela, dan pintu rumah Anda, untuk melihat di sekeliling kita, tetangga kita, tengoklah orang-orang yang mungkin tidak seberuntung kita. Ternyata masih banyak ornag-orang yang membutuhkan uluran tangan, rengkuhan dan dekapan kita. Mari berbagi senyum dan kebahagiaan kepada orang-orang yang membutuhkan, dengan cara mengunjungi mereka, menyapa mereka, dan berbagi sedikit rezeki yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita.

1 comment:

  1. Ketuk pintu bagi sembako bersama ISBAT semoga saja menjadi galah dalam menggapai RidhoNya dan sarana bagi kita untuk terus belajar di Fakultas Kehidupan ini... terimakasih kang Joyo Juwoto yang telah mengabadikan kegiatan kita ini dalam tulisan... semoga bisa menjadikan kenangan dan pembelajaran untuk anak cucu kelak...

    ReplyDelete