Monday, May 14, 2018

Keindahan Tebing Pelangi Mah Beser Merakurak Tuban

Sobat mungkin pernah mendengar penemuan goa baru di daerah Merakurak, tepatnya di dusun Mahbeser desa Tuwiri Kulon. Saat itu nitizen menyebutnya sebagai goa putri lintang. Penemuan goa ini  sempat viral dan menggegerkan jagad maya facebook area Tuban beberapa bulan silam,  namun sayang sekali karena alasan keamanan goa ini kemudian ditutup kembali.

Setelah adanya penemuan goa baru tersebut, setiap saya pergi ke Tuban selalu melirik ke arah kiri ketika sampai di tikungan daerah Mahbeser. Di sebelah kiri jalan dari arah selatan ada sebuah warung yang banyak dikunjungi para pengendara yang mungkin sedang lelah untuk rehat dan sekedar menikmati secangkir kopi. Di sebelah warung ke arah utara terdapat jalan yang belum teraspal. Di situ terdapat gapura yang ada tulisannya "Mahbeser Punya Cerita."

Saya sendiri penasaran ada cerita apa di Mahbeser, namun penasaran saya hanya saya pendam dalam hati saja. Hingga suatu saat saya mendapati seseorang yang mengunggah status di facebook tentang tempat wisata baru yang akan dibuka di Mahbeser, namanya wisata "Tebing Pelangi." Saya lihat ganbar warna-warni yang mencolok di sebuah lembah, kemungkinan lembah tersebut bekas area pertambangan batu kapur.

Asyik juga ternyata, hasil sentuhan kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi, bekas sisa penambangan dijadikan destinasi wisata yang cukup menggoda. Saya sebenarnya sudah lama membatin saat mengunjungi tempat penambangan batu kapur, "Wah! alangkah bagusnya jika lembah itu dijadikan kolam renang," "Wah! saumpama lorong-lorong bekas tambang batu kapur dijadikan kota bawah tanah kayake asyik juga tuh." Demikian yang sering saya pikirkan. Tapi mengkin karena faktor keamanan orang-orang tidak menjadikan tempat-tempat tersebut sebagai area berkumpulnya massa.

Namun ini ternyata ada inovasi yang cukup bagus, sebuah lahan bekas pertambangan kapur dijadikan destinasi wisata yang menggoda. Namanya juga cukup indah "Tebing Pelangi" wuih! asyik sekali kelihatannya.

Pic : Achy Ae

Untuk mencapai lokasi lembah Tebing Pelangi cukup mudah, apalagi sekarang fasilitas teknologi informasi dan komunikasi melalui hand phone sangat mudah. Tinggal kita cari lokasi Tebing Pelangi  Mahbeser Merakurak Tuban, maka dengan mudah GPS akan menuntun Anda sampai lokasi dengan selamat tanpa kurang suatu apa. Hari gini dilawan! hehe...Sangat mudah bukan?

Pengelolaan wahana wisata di Tebing Pelangi terbilang luar biasa, walau baru saja dibuka dan diresmikan kemarin, tanggal 11 Mei 2018, selain panorama alam tentunya banyak wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung, seperti kolam renang,  flying fox, sepeda layang, dan berbagai fasilitas lainnya. Untuk warung jajanan maupun snack dan fasilitas publik seperti kamar mandi dan toilet juga sudah ada. Pokoknya komplit, Anda  tinggal datang dan semua akan terasa indah serta menyenangkan. Ayo, kapan ke Tebing Pelangi? Mahbeser punya cerita. salam jalan-jalan.

2 comments: