Sunday, May 13, 2018

Asyiknya Berwisata di Sendang Kalangan Montong Tuban


Sendang Kalangan
Asyiknya Berwisata di Sendang Kalangan Montong Tuban
Oleh : Joyo Juwoto

Berwisata bersama keluarga di akhir pekan sekarang ini semakin mudah, murah, dan jaraknya dekat. Jika dulu untuk menikmati wisata panorama alam masyarakat harus jauh-jauh pergi ke luar kota untuk mencari tempat yang nyaman, sekarang tidak lagi. Di sekitar kita masyarakat semakin sadar akan kebutuhan tempat untuk melepas lelah di akhir pekan dengan cara membuat tempat wisata lokal yang tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata yang sudah mapan.

Kec. Montong Kab. Tuban termasuk wilayah kecamatan yang memiliki basis potensi wisata lokal yang cukup banyak. Jika dulu masyarakat hanya mengenal pemandian Krawak, kini wilayah yang banyak memiliki gua ini memiliki destinasi wisata baru, seperti river tubing di Guwoterus, goa putri Asih yang dulu sempat ditutup, dan yang terbaru adalah tempat wisata Sendang Kalangan yang berada di desa Montong Sekar.

Bersama Ketua Blogger Tuban

Untuk mencapai Sendang Kalangan Cukup mudah, baik dari arah Tuban kota ataupun dari arah Tuban bagian barat, silakan mencari pertigaan pasar Montong, dari pertigaan pasar ini lokasi sendang kalangan ke arah selatan di belakang polsek Montong. Agar tidak bingung saya sarankan agar bertanya kepada masyarakat sekitar saja, tentu dengan senang hati mereka akan menunjukkan ke lokasi sendang.

Mendengar nama sendang Kalangan ini saya teringat legenda tentang wong Kalang. Tapi setelah saya tanya salah seorang teman di sana ternyata tidaka da hubungan antara sendang kalangan dengan wong Kalang. Hanya mungkin ada kemiripan nama saja, namun sejara historis tidak ada sangkut pautnya sama sekali.

Menurut Kang Rey, teman blogger Tuban, dinamakan sendang kalangan karena setiap tahun di sendang tersebut diadakan kegiatan berkumpul warga masyarakat, atau membuat kalangan dalam rangka sedekah bumi. Oleh karena itu sendang itu disebut sebagai sendang Kalangan, atau sendang tempat berkumpul.

Hal ini dibenarkan oleh Camat Montong pada saat acara pembukaan tempat wisata bahwa Sendang Kalangan dulunya dipakai warga untuk mandi, mencuci, dan tempat berkumpulnya warga, jadi ternyata tidak ada hubungannya dengan wong Kalang yang saya pikirkan tersebut di atas.

Di sekitar sendang banyak pepohonan tumbuh rindang, suasananya sejuk dan menyegarkan. Cocok untuk refresing, apalagi sekarang lokasi sendang kalangan sudah disulap menjadi salah satu destinasi yang ada di kabupaten Tuban. Selain menikmaati kesejukan alam sendang kalangan, pengunjung juga bisa berswa ria foto di spot-spot yang telah dibuat oleh pengelola setempat. Wah pokoknya asyik berwisata di Sendang kalangan Montong Sekar Tuban. Silakan dicoba untuk dikunjungi. Semoga bahagia.

1 comment:

  1. Joss, www.joyojuwoto.com/sendangkalangan..
    Semoga semakin produktif menulis dan berkarya.

    ReplyDelete