Wednesday, April 25, 2018

Kerja Bakti di Sekolah

Kerja Bakti di Sekolah
Oleh : Joyo Juwoto

Minggu ceria, matahari baru saja muncul dari ufuk Timur menerangi alam raya. Burung kutilang berkicau riang di dahan randu di pekarangan rumahku. Ayam-ayamku di kandang juga tidak mau kalah meramaikan pagi yang sejuk.

Aku baru saja menyelesaikan shalat subuh, tepat beberapa menit sebelum matahari mekar kemerahan. Udara masih dingin menyengat, embun pagi di pucuk daun dan rerumputan tampak bening bersinar ditimpa sinar matahari pagi yang lembut.

Pagi itu sekolahku libur, tanggal merah di kalender yang menempel di dinding telah aku tandai dengan spidol merah, "kerja bakti di sekolah." Ya, pagi itu ada jadwal kerja bakti di sekolah, dan kali ini kelasku yang mendapatkan giliran untuk kerja bakti.

Kemarin Ibu wali kelasku, Bu Fitri mengumumkan bahwa, libur minggu ini siswa kelas 1 mendapat giliran kerja bakti di sekolah, yang dijadwalkan satu bulan sekali secara bergiliran antar kelas. Tiap kelas akan mendapatkan jatah untuk kerja bakti sebulan sekali.

Siswa laki-laki disuruh membawa sabit dan cangkul, sedangkan siswa perempuan disuruh membawa sapu dan ikrak. Saya sudah bilang sama Ibu, bahwa sapu dan ikraknya saya pinjam untuk saya bawa ke sekolah. Karena siswa perempuan mendapat tugas menyapu dan membersihkan sampah serta rumput untuk dibuang ke tempat sampah.

Setelah sarapan pagi aku pun pamit sama ibuku, untuk kerja bakti bersama teman-temanku. Aku segera ke rumah temanku Mega, rumahnya tidak jauh dari rumahku. Kami telah janjian untuk berangkat bersama ke sekolah.

Sesampai di sekolah siswa dan siswi yang lain sudah sama datang. Bu Fitri guru kelas kami yang akan memimpin kerja bakti juga sudah tampak sibuk membagi siswa - siswi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari tiga siswi dan dua siswa.

Aku bersama lima temanku, Mega, Filza, Supri, dan Anto kebagian membersihkan lapangan bola volly di pekarangan belakang sekolah. Temanku laki-laki menyabit rumput dan membersihkannya dengan cangkul, sedang kami yang perempuan menyapu serta membuah sampah-sampahnya.

Sedangkan kelompok yang lain mendapatkan tugas membersihkan kamar mandi, halaman sekolah, serta ruang kelas.

Kami bekerja secara gotong-royong, dan saling bahu membahu membersihkan lingkungan sekolah. Masing-masing kelompok bekerja dengan penuh semagat dan riang gembira.

Aku dan Teman-teman kelompokku bekerja membersihkan rumput - rumput dan meratakan lapangan dengan pasir kali. Lapangan itu nantinya akan digunakan saat pelajaran olahraga.

Masing-masing kelompok sibuk dengan pekerjaannya, suasananya sangat ramai dan meriah.

Setelah bekerja bakti seluruh siswa dan siswi dikumpulkan oleh Bu Fitri di halaman sekolah. Beliau mengucapkan terima kasih kepada siswa-siswi kelas 1 yang hadir dan ikut kerja bakti pagi itu.

Kami semua pun bergembira, mendapatkan giliran kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah yang dilaksanakan rutin satu bulan sekali. Usai kerja bakti, kami pun beristirahat, duduk-duduk di bawah pohon di halaman sekolah sambil menikmati bekal yang kami bawa dari rumah.

No comments:

Post a Comment