Saturday, January 27, 2018

Sihir Dunia Yang Melenakan

Google.com
Sihir Dunia Yang Melenakan
Oleh : Joyo Juwoto

Di kalangan dunia persihiran, kota Banyuwangi bisa menjadi rujukan malang melintangnya dukun sihir dan dukun santet yang telah terkenal seantero jagad Nusantara. Saya sendiri belum pernah melakukan wawancara ataupun terjun langsung ke lapangan guna membuktikan kabar dan desas-desus yang telah saya dengar semenjak saya kecil. Namun kabar itu sudah menjadi milik masyarakat yang kebenarannya mendekati seratus persen.

Walau demikian, seampuh-ampuhnya sihir dukun Banyuwangi tentu masih kalah dengan sihirnya Harut dan Marut, dua sosok Malaikat yang awal mula mengajarkan sihir kepada penduduk bumi di negeri Babilonia, negeri subur mamur diantara lembah sungai Tigris dan Eufrat. Dua Malaikat ini memang sengaja diturunkan oleh Allah untuk menguji masyarakat apakah mereka memilih jalan sihir ataukah jalan kebenaran dari Tuhan.

Saya tidak perlu menceritakan kehebatan sihir Banyuwangi maupun sihir malaikat Harut dan Marut untuk membandingkan kehebatan dari sihir keduanya, karena memang saya belum pernah melihatnya dengan mata telanjang saya, kecuali hanya cerita-cerita yang sayup-sayup saya dengar. Karena memang bukan fokus di ilmu sihir yang akan saya bincangkan di sini.

          Yang jelas kehebatan sihir Banyuwangi maupun sihirnya Harut dan Marut sudah sangat masyhur sejak dulu hingga kini,  ternyata tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kehebatan sihir yang satu ini, yaitu sihir dunia.

          Sihir dunia sangat melenakan diri manusia. Siapapun itu akan sulit terlepas dari jeratan dunia dan terhindar dari pengaruh buruk sihir duniawi, terkecuali orang-orang yang memiliki kemampuan lebih di atas rata-rata untuk menetralisir pengaruh magis dari sihir dunia yang menulikan dan membutakan korbannya. Maka berhati-hatilah dengan daya sihir dunia ini.

          Nilai dunia dibandingkan dengan nilai akhirat memang tidak seberapa, bahkan Rasulullah mengibaratkan nilai dunia itu seperti seberat sayap nyamuk, sangat ringan dan tidak begitu berarti. Namun bias yang diciptakan dunia sungguh mampu membutakan orang-orang yang terperdaya dengan keduniaan dan melupakan kehidupan akhirat yang lebih baik dan abadi.
Dalam sebuah maqalah dikatakan :
هي الدنيا أقلّ من القليل, وعاشقها أذلّ من الذّليل
 تصمّ بسحرها قوما وتعمى, وهم متحيرون بلا دليل

Artinya : “Dunia itu sedikit dan paling sedikit, pecinta-nya pun hina, nan hina dina. Sihir dunia membuat tuli dan buta, kebingungan, tak tahu ke mana jalan.


          Begitulah nilai dunia yang fana ini, sangat remeh dan sedikit sekali nilainya. Namun sihir dunia mampu membuat korbannya kebingungan dan tidak tahu arah jalan kebenaran. Oleh karena itu berhati-hatilah dengan sihir dunia.

No comments:

Post a Comment