Monday, January 29, 2018

Kali Kening Berbagi Inspirasi Melalui Literasi

Ini untuk kesekian kalinya Komunitas Kali Kening berbagi pengalaman berliterasi dengan santri-santri di Madrasah Diniyah (Madin) Al Isyroq Bate Kec. Bangilan. (28/01/2018).

Komunitas Kali Kening menyambut dengan gembira dan memberikan apresiasi yang positif dengan gerakan yang dilakukan oleh Madin Al Isyroq yang membekali santri-santrinya tidak hanya dalam hal ilmu agama ansich, namun juga ilmu-ilmu lain yang pada dasarnya juga berorientasi pada kehidupan beragama para santri.

Kegiatan berliterasi bersama santri ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan, pendampingan  serta teladan bagi santri-santri agar supaya lebih dekat mengenal apa itu dunia literasi. 

Dunia literasi sendiri sebenarnya bukan hal yang asing bagi kehidupan santri. Dengan mengaji sepanjang hayat sebenarnya itu adalah bagian dari literasi juga. Hanya saja, era anak-anak zaman know kadang malas untuk belajar ataupun mengaji dan lebih suka bermain-main dengan gadged, membuat geng dengan teman sebayanya, atau "cangkrukan" mbruwah tanpa orientasi yang tiada manfaat dan gunanya.

Ini adalah tantangan bagi generasi emas Indonesia. Jika kita biarkan generasi itu tanpa bimbingan dan teladan yang baik maka masa depan mereka akan suram dan tertutup kabut kebodohan, dan tentunya hal ini akan berdampak sistemik pula dengan masa depan bangsa ini, karena generasi muda adalah wajah Indonesia masa depan.

Dunia literasi berusaha mengajak para santri untuk terus belajar melalui aktivitas membaca dan menulis guna menumbuhkan daya kreatif dan menanamkan nilai-nilai moral kebajikan bagi jiwa santri, agar mereka terus belajar sepanjang hayat dan mencintai ilmu pengetahuan.

Geliat literasi di negara kita rasa-rasanya masih jauh dari ideal, jangan dulu mempertanyakan produktifitas karya yang berupa buku-buku, untuk tahap membaca saja kita masih sangat kalah jauh dengan tetangga dekat kita Malaysia ataupun Singapura.

Melalui legiatan literasi di Madin Al Isyroq Bate, Komunitas Kali Kening berusaha ikut serta menyalakan lilin-lilin peradaban yang nantinya menyinari persada bumi Nusantara tercinta.



3 comments:

  1. Mantap mbah joyo, mampu memberikan pelita bagi kejayaan literasi, dg literasi kita juga mampu membagikan ilmu qt secara gaya masing-masing.

    ReplyDelete
  2. Siap mas Andhika jayalah literasi Indonesia tercinta

    ReplyDelete