Sunday, December 3, 2017

Nabi Muhammad Yang Terpuji

Nabi Muhammad Yang Terpuji
Oleh : Joyo Juwoto

Akhlaq dan perilaku Rasulullah Saw adalah teladan utama bagi umatnya, beliau mencontohkan sifat-sifat dan perilaku yang mulia. Nabi Muhammad adalah manusia yang terpuji nan sempurna, ma’sum terjaga dari segala dosa, dan selalu di jaga dan dibimbing oleh Allah Swt melalui bisikan wahyu. Nabi Muhammad adalah sosok yang agung, ibarat permata diantara batu-batu lainnya. Seorang penyair  berkata :

محمد بشر لا كالبشر # بل هو كالياقوت بين الحجر"

“Kanjeng Nabi Muhammad iku manungsa, tapi ora kaya jenise manungsa
Tapi Kanjeng Nabi iku kaya inten, kumpul karo jenise watu-wati item”

“Muhammad adalah manusia
tetapi tidak seperti manusia
melainkan bak permata diantara batu-batu lainnya”

Begitulah gambaran Nabi Muhammad, bak permata diantara batu-batu lainnya, sebagaimana nama yag disandangnya, Muhammad berarti terpuji nama yang mewakili sifat-sifat dan perilakunya.

Nabi Muhammad tidak hanya dipuji oleh penduduk bumi saja, namun penduduk langit pun sama memuji beliau, tidak hanya manusia, batu-batu dan kayu pun senantiasa mengucapkan salam dan shalawat kepadanya. Nama Nabi Muhammad tidak hanya terpuji semasa hidupnya saja, namun sesudah beliau tiada nama Nabi Muhammad selalu semerbak harum dan senantiasa disebut-sebut sepanjang masa. Bahkan sebelum kelahirannya, Nama Nabi Muhammad telah maujud dan menjadi sumber cahaya dan kehidupan semesta.

Semua makhluk memuji Nabi Muhammad yang mulia, beliau terbebas dari segala aib dan cela, tidak peduli kawan maupun lawan, semua mengakui keagungan Rasul yang mulia. Hassan Ibn Tsabit bersyair dengan sangat indah :

“Dan yang lebih baik darimu belum pernah terlihat oleh mata, dan yang lebih indah darimu belum pernah dilahirkan oleh para wanita”
Engkau diciptakan bebas dari segala aib, seakan-akan engkau dicipta seperti apa yang engkau inginkan”

Jangankan makhluk-makhluk, Tuhan pun memuji akhlak dan perilaku Nabi Muhammad Saw, dalam kalamnya yang mulia Allah berfirman :

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ (٤)

Artinya : “Dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung”.

Mari mengagungkan Nama Nabi Muhammad dengan senandung shalawat, agar kelak kita mendapatkan syafa’atnya.



No comments:

Post a Comment