Tuesday, November 14, 2017

Hibernasi di Akhir Pekan

Hibernasi di Akhir Pekan
Oleh : Joyo Juwoto

Rentetan kesibukan kadang menyita waktu dan pikiran sehingga membuat hari-hari kita menjadi tegang. Akumulasi dari ketegangan-ketegangan tidak jarang membuat pikiran stres, suntuk, yang memicu pada kelelahan baik fisik maupun psikis. Oleh karena itu kita perlu membagi waktu antara kesibukan dengan waktu untuk berhibernasi.

Memanfaatkan liburan akhir pekan untuk bersantai adalah pilihan yang bijak untuk mengurangi ketegangan pikiran setelah satu minggu disibukkan dengan berbagai macam aktifitas yang melelahkan.

Beberapa pilihan yang dapat kita gunakan untuk bersantai sejenak cukup banyak, diantaranya :

1.   Ngopi bersama kawan karib dan kerabat.
2.   Mengunjungi tempat-tempat bersantai di dekat rumah, bisa jalan-jalan di sawah, di sungai, atau tempat rekreasi lokal.
3.   Membaca buku dan bercerita dengan anak-anak di rumah, pergi keperpustakaan desa/ kecamatan.
4.   Menulis yang ringan dan menyenangkan.
5.   Mengunjungi sanak saudara yang dekat.
6.   Pergi memancing
7.   Bisa Anda tambahkan sendiri sesuai dengan hobi dan kesukaan masing-masing.

Tak perlu memikirkan berlibur jauh keluar kota, atau mencari tempat hiburan yang mahal untuk mengisi waktu hibernasi, menghabiskan akhir pekan dengan anak-anak, dengan keluarga dengan teman-teman dekat juga bisa mengurangi beban pikiran akibat ketegangan-ketegangan tadi. Karena bagaimanapun manusia membutuhkan istirahat agar rasa penat dan lelah setelah bekerja bisa terkurangi. Dan tentu fisik dan jiwa manusia memang membutuhkan untuk rehat.


Rehat atau masa hibernasi bukan berarti kita diam tanpa melakukan aktivitas apapun. Dalam masa rehat ini kita bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menyenangkan dan mengendorkan ketegangan urat syaraf, agar kesehatan dan kebugaran jiwa dan raga terus terjaga. Karena pada hakekatnya rehat adalah ganti pekerjaan, bukan menganggur  bengong tanpa aktivitas apapun.


Dalam sebuah maqolah dikatakan “Ar-Raahatu Hiya Tabaadulul A’mal” artinya : Istirahat sebetulnya adalah ganti pekerjaan. Oleh karena itu sesibuk apapun kita dari pekerjaan-pekerjaan rutin jangan sampai lupa kita menyempatkan waktu untuk berhibernasi, mengisi energi baru untuk melakukan aktifitas yang lebih baik dan produktif. Silakan nikmati masa hibernasi dengan menyenangkan dengan orang-orang dekat Anda.

No comments:

Post a Comment