Tuesday, November 7, 2017

Buku Pendidikan Karakter

Buku Pendidikan Karakter
Oleh : Joyo Juwoto

“Pendidikan Karakter Hidup dengan Energi Positif, Menjadi Pribadi yang Lebih Baik” adalah judul buku antologi Sahabat Pena Nusantara (SPN) yang kedelapan. Buku ini di launcing di Kampus Unesa, Minggu 22 Oktober 2017 pada saat Kopdar SPN yang ke V. Sayang saat itu saya tidak bisa menghadiri acara tersebut.

Buku bersampul merah ceria ini sangat istimewa, khususnya buat saya tentunya.  Karena di dalamnya terdapat tulisan saya, alhamdulillah saya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada para guru dan sahabat-sahabat di komunitas literasi yang saat itu digawangi oleh ustadz M. Husnaini, yang dengan sabar dan tekun, tanpa rasa lelah memberikan teladan dan semangat untuk terus berkarya, berkarya tanpa jeda, berkarya sepanjang masa, demikian motivasi yang sering dikatakan oleh Pak Dosen Didi Junaedi.

Saya senang dan bangga menjadi bagian dari penulis buku Pendidikan Karakter tersebut, pengalaman di SPN memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi saya, bahwa menulis dan menerbitkan sebuah buku sangatlah mudah, bahkan sangat mudah sekali. Tinggal mau atau tidak, jika kita punya keinginan yang kuat dan dibarengi dengan aksi nyata, maka keinginan kita untuk memiliki buku insyallah pasti akan terijabahkan.


Kunci dari menulis adalah pemaksaan dan pembiasaan, satu, dua, tiga, bahkan seratus kali mungkin menulis sangat berat dan susah, karena masih tahap pemaksaan, namun jika sudah mencapai yang ke ratusan kali, maka akan menjadi kebiasaan, dan seiring dengan berjalannya waktu maka aktivitas menulis tadi akan lanyah dan mudah. Yang penting jangan pernah bosan untuk terus menulis dan menulis.

Saya sendiri masih belum bisa istiqamah untuk terus menulis setiap hari, tapi pasti saya akan terus belajar untuk menulis dan menulis. Walau sampai hari ini tulisan saya  ya begini-begini saja. Namun saya selalu merasakan jika selesai menulis hati ini terasa puas dan bahagia. Apalagi tulisan itu akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku, seperti buku yang baru saja saya terima dari Pak Halim selaku editor buku Pendidikan Karakter.

          Buku Pendidikan Karakter yang dikasih kata pengantar oleh Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc,. Ph.D Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Surabaya) sangat bagus baik dari segi material buku maupun isinya. Satu persatu tulisan di buku ini akan saya baca hingga tuntas tentunya,


          Buku ini juga di endors oleh tokoh-tokoh hebat dunia literasi Indonesia, ada Muhammad A.S, Hikam, Moh. Zina S.Pd.I., M.Pd, ada Mashdar Zainal, dan tentu yang sangat membuat saya bahagia ada juga penulis kondang dari Tuban yang memberikan endorsnya, siapa lagi kalau bukan penulis buku monumental “Jomblo Revolusioner”, Mas Amrullah AM. Ah, tentu saya sangat bahagia dan senang mendapat fatwa dari Kiai Literasi dari Bumi Wali itu. 

No comments:

Post a Comment