Thursday, October 12, 2017

Pesona Sendang Asmoro di Desa Ngino Semanding

Pesona Sendang Asmoro di Desa Ngino Semanding
Oleh : Joyo Juwoto

Banyak sekali destinasi wisata di Kota Tuban yang bisa kita kunjungi, mulai dari yang sudah banyak dikenal masyarakat hingga tempat-tempat yang baru tereksplore. Tuban sebagai kota yang berada di jajaran pegunungan Kendeng Utara memiliki beberapa tempat wisata yang cukup menarik seperti goa, air terjun, dan juga sendang.

Hari ini tempat wisata di Tuban yang lagi ngehits di media sosial adalah Sendang Asmoro yang berada di desa Ngino Kec. Semanding. Untuk mencapai lokasi sendang cukup mudah. Dari Kota Tuban jaraknya sekitar 13 KM dengan jalan yang sudah halus teraspal semuanya.

Rute yang dapat diambil oleh pengunjung dari kota Tuban ke arah selatan melalui desa Bejagung, desanya para Wali. Sebelum sampai di pemandian Bekti Harjo ada gapura masuk desa Penambangan. Dari Gapura ini terus lurus ke selatan hingga sampai di desa Ngino. Dari Ngino bisa bertanya kepada masyarakat setempat di mana letak Sendang Ngino.

Jika dari Bojonegoro bisa mengambil rute dari Jembatan Glendeng terus k e utara arah kota Tuban hingga sampai di Sendang Jaka Tarub. Dari situ carilah pertigaan menuju arah Semanding. Jalannya cukup rindang dengan hutan-hutan Jati yang masih cukup lebat di kiri kanan jalan.

Masyarakat sekitar sangat welcome dengan para pengunjung, dan ini yang perlu diteladani oleh masyarakat lain, bahwa penduduk Ngino mendukung aktif adanya tempat wisata ini. Terlebih Bapak Kades Desa Ngino, sangat memperhatikan keberadaan dan kebersihan sendang Ngino.

Menurut informasi yang saya terima dari teman blogger Tuban, Mas Wid, Kades Ngino baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Anugerah Pangan Nusantara terbaik nomer 3 se Jawa Timur. Selamat ya bapak Kades semoga prestasi bapak menginspirasi kades-kades lainnya dan bermanfaat untuk masyarakat Tuban pada khususnya dan Indonesia tentunya.

Sendang Asmoro yang baru saja diresmikan oleh Bapak Bupati Tuban, Bapak Fathul Huda ini terus berbenah. Ke depan akan disiapkan arena bermain untuk anak dan juga tempat pemancingan. Wow keren banget.


Semoga Pak Kades beserta warga Ngino terus bisa berperan aktif dalam mengelola dan memajukan potensi wisata desa. Selain itu semoga masyarakat menyadari dan ikut serta menjaga kelestarian mata air dari Sendang Asmoro sebagai sumber mata air dan kehidupan bagi warga sekitar.

6 comments:

  1. Waduh.... Saya ketinggalan mereview.
    Jangankan mereview. Ke tempatnya saja belum. Hahaa..
    Tapi kalau di sendang Jaka Tarub sudah pernah sekali. Hehe

    ReplyDelete
  2. Kades ngino pancen jos,

    Tempatnya keren kang djaka ,, siap meng hantarkan dirimu kesendang asmara, 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenan lho yo.... Nek aku muleh kudu dijak piknik nang sendang asmoro pokok'e. Hahaha

      Delete
  3. Karepku yo arep ngreview sendang asmoro, rasane kok kurang sreg nek durung teko dewe nang sendang asmoro.

    ReplyDelete
  4. Tempat mancing dan mandi waktu masih jaman SMP dulu sekarang udah jadi tempat wisata

    ReplyDelete