Sunday, October 22, 2017

Mau Tau Serunya Upacara Hari Santri Nasional di Ponpes ASSALAM Bangilan?



Peringatan Hari Santri Nasional (22/10/2017) Di Ponpes ASSALAM Bangilan Tuban Indonesia berjalan cukup meriah dan penuh gempita.  Maklum ini adalah hari yang istimewa bagi Santri,  setelah Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo meresmikan Hari Santri Nasional semenjak dua tahun silam.

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan semangat serempak rancak, disambung lagu hymne pondok, dan tidak ketinggalan pula mars Subbhanul Wathan karya Mbah Wahab Chasbullah pun dinyanyikan para santri dengan penuh heroisme.


Pondok pesantren ASSALAM adalah gambaran kecil dari Indonesia tercinta. Santri-santrinya berdatangan dari berbagai daerah di penjuru Indonesia. Kerukunan, gotong-royong, dan keberagaman adalah makanan sehari-hari Santri. Berbicara masalah kebhinekaan santri ASSALAM  Bangilan sudah khatam, dan langsung mempraktekkannya sehari-hari di lingkungan pesantren. 

Dalam Apel Akbar peringatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan di lapangan pesantren pagi tadi, pengasuh Ponpes ASSALAM Bangilan, KH. Yunan Jauhar memberikan amanat bahwa "Santri harus berani di Garda terdepan untuk membentengi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari upaya-upaya subversif yang mengancam kedaulatan bangsa dan negara".

Gus Yunan, panggilan akrab pengasuh pondok pesantren ASSALAM Bangilan itu juga mengatakan bahwa "Spirit nasionalisme adalah bagian dari iman" senada dengan lyrik lagu Hubbul Wathan Minal Iman karya mbah Wahab tersebut.

Dalam sambutan penutupnya beliau menegaskan : "Karakter santri sejati adalah santri yang berani memegang amanah kalimatul haq" sebagaimana perjanjian manusia dengan Tuhannya sebagaimana yang tertulis dalam kitab suci Al Qur'an.

Selamat Hari Santri, 22 Oktober 2017. Santri ASSALAM Santri Mandiri, Dahsyat, NKRI Hebat.

No comments:

Post a Comment