Sunday, July 9, 2017

Masuk Tahun Ajaran Baru, KMI ASSALAM Melaksanakan Khutbah Iftitah TP. 2017-2018

Masuk Tahun Ajaran Baru, KMI ASSALAM Melaksanakan Khutbah Iftitah TP. 2017-2018
Oleh : Joyo Juwoto

Memasuki Tahun Ajaran Baru 2017/2018 KMI ASSALAM tadi pagi mengawali kegiatan pembelajaran dengan agenda tahunannya yaitu apel Khutbatul Iftitah (KI). Sudah menjadi tradisi di Madrasah yang berada dalam naungan pondok pesantren itu, sebelum masa orientasi siswa baru diadakan khutbah perkenalan atau khutbatul Iftitah yang disampaikan langsung oleh Direktur KMI ASSALAM Bangilan Tuban, KH. Yunan Jauhar, S.Pd., M.Pd.I.

Seluruh santri lama dan baru, beserta seluruh dewan Asatidznya pagi itu (9/7/2017), berkumpul di halaman pondok pesantren ASSALAM dengan berseragam lengkap. Khutbatul Iftitah adalah suatu pertemuan awal tahun guna mengingatkan dan membangkitkan kembali jiwa semangat untuk berdisiplin guna berkhidmah untuk umat, dan berjuang untuk memajukan peradaban melalui lapangan pendidikan di pondok Pesantren ASSALAM.

Dalam Khutbah Iftiyahnya Gus Yunan menyatakan bahwa : ”Pondok Pesantren ASSALAM dan KMI nya adalah tempat untuk menyemai bibit-bibit unggul seorang guru. Guru-guru yang siap untuk ditanam dan tumbuh berkembang diberbagai tempat. Guru-guru yang siap berjuang di berbagai medan untuk membela dan memperjuangkan Islam.” Begitu ucap generasi kedua Pimpinan Pondok Pesantren ASSALAM Bangilan.

Lebih lanjut beliau juga menegaskan bahwa Pondok Pesantren ASSALAM adalah media untuk mewariskan nilai-nilai kepemimpinan guna memperjuangkan agama Allah, Li ‘i’laa’i Kalimatillah di bumi persada Nusantara tercinta ini. “ASSALAM Mengestafetkan Nilai-Nilai Perjuangan Untuk Kemuliaan Umat dan Bangsa.”

Pondok Pesantren ASSALAM Bangilan, dengan seluruh Hawary-hawarynya siap menyongsong medan perjuangan dengan berkapitalkan nilai keikhlasan, sebagaimana yang sering digembar-gemborkan oleh Pendiri Pondok Pesantren ASSALAM Bangilan Tuban, Abah KH. Moehaimin Tamam, “Ittabi’uu Man Laa Yas’alukum Ajran WaHum Muhtaduun” (Ikutilah orang-orang yang tidak meminta imbalan dan mereka mendapatkan petunjuk dari Allah Swt.)


Nilai perjuangan dan keikhlasan ini dalam bahasa Pondok Pesantren ASSALAM, yang diajarkan dan dicontohkan kepada seluruh santriwan-santriwati ASSALAM Bangilan Tuban, adalah yang sebagaimana dikutip dari dawuhnya Tri Murti Gontor, KH. Ahmad Sahal yang tersohor dan melegenda, yang berbunyi“Bondho Bahu Pikir Lek Perlu Sak Nyawane Sisan”, Seluruh Santriwan-santriwati dan Hawary-hawary ASSALAM di manapun berada yang telah tersibhgoh jiwa ASSALAM, pasti siap lahir dan batin berjihad dan berjibaku demi kemajuan agama nusa dan bangsa, guna meraih ridho dari Allah Swt.

No comments:

Post a Comment