Monday, May 29, 2017

Sehat Dengan Berpuasa

Hari Ke-3 Ramadhan
Sehat dengan Berpuasa
Oleh : Joyo Juwoto


Dalam sebuah hadits  Rasulullah Saw bersabda : 
"Berpuasalah agar kamu sehat" (HR. At Tirmidzi). Rasulullah bukanlah seorang dokter, namun beliau tidak mengatakan sesuatu kecuali bersumber dari wahyu Tuhan, dan tentu kita mengimani apa yang beliau sabdakan.


Berpuasa adalah salah satu cara untuk memelihara kesehatan, hal ini berdasarkan hadits di atas. Setelah ilmu kedokteran berkembang apa yang disabdakan Nabi ternyata memang terbukti, bahwa puasa itu menjadikan tubuh semakin sehat.

Karena pada dasarnya sumber penyakit fisik manusia berasal dari perutnya, berasal dari makanan dan pola makan seseorang. Seorang dokter, Harits bin Kaldah mengatakan : "Lambung adalah rumah penyakit" jika kita sembarangan dalam mengisi lambung, maka hal itu akan memicu berbagai macam penyakit yang membahayakan tubuh kita.

Oleh karena itu, Allah mensyariatkan berpuasa, selain sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan ruhani, puasa juga meningkatkan kesehatan jasmani. Lambung bekerja sepanjang hidup manusia tiada henti, maka lambung perlu mendapatkan keringanan mencerna makanan, dengan cara berpuasa minimal satu tahun sekali.


Oleh karena itu, jika seseorang berpuasa dengan baik, mengikuti sunnah Nabi, insya Allah berpuasa sangat menyehatkan dan bermanfaat untuk kesehatan seseorang.

Diantara yang dianjurkan adalah menyegerakan berbuka, jangan ditunda karena seharian penuh perut kita kosong, maka saat terdengar bedug magrib segera kita berbuka. Untuk berbuka puasa jangan terlalu banyak, cukup dengan air putih dan makanan yang manis. Kurma menjadi pilihan yang baik, karena  banyak mengandung zat yang mudah diserap oleh tubuh, untuk mengganti asupan makanan yang hilang setelah seharian kita berpuasa.

Namun kebanyakan dari kita, khususnya saya sendiri jika berbuka puasa itu seperti orang yang tidak pernah makan saja, semua ingin kita makan, sehingga menjadikan perut kita kelelahan. Setelah makan terbitlah ngantuk, dan kadang tertidur. Padahal menurut kesehatan, tidak baik setelah makan langsung tidur, minimal harus ada jeda 1 bahkan sampai 2 dan tiga jam.

Ya setidaknya setelah menjalankan shalat tarawih, kita bisa ke peraduan untuk tidur. Jika kita berpuasa dengan sebaik-baik puasa insya Allah tubuh ruhani dan jasmani kita akan sehat selalu. Selamat menjalankan ibadah puasa.

*Joyo Juwoto, Anggota Komunitas Kali Kening

No comments:

Post a Comment