Saturday, May 27, 2017

Resolusi Ramadhan

Hari Ke-1 Ramadhan

Resolusi Ramadhan 
Oleh : Joyo Juwoto


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah dengan karunianya yang berlimpah, kita dipertemukan kembali dengan bulan yang mulia, bulan yang agung, yaitu bulan Ramadhan yang penuh keberkahan.
Kesyukuran bertemu dengan bulan Ramadhan tentu tidak hanya sekedar kesyukuran verbal semata, tidak hanya kesyukuran dengan mengunggah ungkapan-ungkapan yang indah nan memukau di sosial media semata, namun yang terpenting adalah tindakan dan amal kita dalam berbulan Ramadhan. Semoga Allah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita untuk bisa beramadhan dengan baik dan produktif. Sehingga ramadhan kita benar-benar bermakna ramadhan bukan sekedar seremonial belaka.

Oleh karena itu hendaknya ada target dan resolusi yang perlu kita buat dalam Ramadhan tahun ini. Seseorang akan lebih tertantang jika membuat target-target, secara psikologis semangat untuk mencapai bahkan melampaui target akan semakin kuat jika telah kita tentukan sejak awal. Oleh karena itu cobalah membuat taget untuk Ramadhan tahun ini.

Target itu bisa berupa banyak hal, seperti target khatam 3 juz dalam bulan ramadhan, target tidak berhenti qiyamul lail, target shalat tarawih, target menghafal ayat-ayat suci Al Qur'an dan hadits, target menulis satu naskah buku, atau mungkin ada yang punya target puasanya tidak bolong-bolong, dan tentu masih banyak target lain yang ingin kita capai.

Saya sendiri bukanlah tipe orang yang suka menentukan target, hidupku lebih banyak mengalir apa adanya bergantian seperti matahari yang terus berputar tanpa henti, atau seperti air yang natural mengalir, sehingga saya menghadapi hidup juga senatural mungkin mengikuti irama yang ada.

Namun demikian bukan berarti saya tidak punya keinginan dan target, khususnya di bulan ramadhan tahun ini saya punya target dan harapan juga, semoga harapan itu diperkenankan dan mendapatkan kemudahan dari Allah Swt.

Semoga kawan-kawan juga punya resolusi dan target di ramadhan tahun ini, saya ikut mendoakan semoga apa yang menjadi target kawan-kawan semua bisa tercapai bahkan terlampaui.

Ayo kawan, segera tentukan target resolusimu, dan laksanakan. Semoga Allah Swt mengijabahi. Aamin.

No comments:

Post a Comment