Sunday, May 28, 2017

Dua Cahaya Syafaat

Hari Ke- 2 Ramadhan
Dua Cahaya Syafaat
Oleh : Joyo Juwoto


Secara naluri makhluk hidup akan bergerak dan berjalan menuju tempat yang terang. Cahaya adalah sumber dan kekuatan yang menarik agar makhluk hidup mendekat. Jika kita menanam tanaman di tempat yang tertutup, maka tanaman itu akan tumbuh dan bergerak ke arah ruang terbuka yang ada cahayanya.

Begitu juga dengan naluri dasar manusia, akan menyenangi jalan terang yang penuh cahaya, dibandingkan berjalan di tengah kegelapan.

Bulan ramadhan adalah bulan yang dipenuhi cahaya, maka kedatangan ramadhan ini sangat dinantikan oleh orang-orang yang beriman. Pada bulan ini orang-orang sama berlomba menjalankan ibadah baik mahdhoh, ataupun ghairu mahdhoh, demi mendapatkan sepercik cahaya dari bulan yang mulia ini.

Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda : "Puasa Dan Al Qur'an akan memberikan syafaat kepada hamba di hari kiamat" hadits ini menegaskan bahwa jika kita benar-benar dalam menjalankan ibadah puasa dan menghiasi hari-hari puasa dengan banyak membaca dan mentadabburi Al Qur'an, maka kelak insya Allah kita akan mendapatkan cahaya syafaat dari ibadah puasa dan tilawah Al Qur'an kita.

Oleh karena itu, mumpung kita masih di bulan ramadhan, mari menjalankan ibadah puasa yang baik dan memenuhi hari dengan membaca Al Qur'an. Semoga kelak kita mendapatkan syafaatnya.Aamiin.

No comments:

Post a Comment