Tuesday, April 18, 2017

Setiap Doa Pasti Dikabulkan Oleh Tuhan

Setiap Doa Pasti Dikabulkan Oleh Tuhan
Oleh : Joyojuwoto

Doa adalah segalanya, karena berdoa adalah bentuk intimnya ibadah seorang hamba kepada Tuhannya. Berdoa kadang hanya difahami sebagai permintaan hamba kepada Tuhan saja, namun lebih daripada itu, hakekatnya do’a adalah inti dari segala ibadah itu sendiri. Sholat adalah ibadah wajib yang jika diperas secara hakekat intinya juga doa. Oleh karena itu Nabi Muhammad bersabda : Ad-Du’a Mukhhul Ibadah, doa adalah inti dari ibadah.

Saya mengatakan bahwa setiap doa seorang hamba pasti dikabulkan oleh Tuhan bukan tanpa alasan, dalam berbagai firman-Nya, Tuhan telah menjanjikan akan mengabulkan doa-doa seorang hamba. Jika yang berjanji itu Tuhan sendiri apakah kita tidak yakin ? Di dalam kitab suci Allah Swt, telah berfirman : “Ud’uunii Astajib Lakum” (Berdo’alah kepadaKu, maka akan Aku kabulkan doamu).

Keraguan akan diterima atau ditolaknya permohonan seorang hamba ini pada hakekatnya menjadi salah satu sebab tertolaknya doa itu sendiri. Jadi jika kita memohon kita harus yakin bahwa permohonan itu pasti akan diperkenankan-Nya. Jangan ragu dan yakinlah, pasti Tuhan akan menjawab setiap lantunan doa yang kita munajatkan kepada-Nya.

Dalam kitab Hikam yang ditulis oleh Ibnu Athaillah as-Sakandari dikatakan bahwa “Ketika seorang hamba berdoa kepada Allah, lebih-lebih doa itu dipanjatkan dengan penuh istiqomah, maka pastilah doa itu akan dijawab dan diijabahi-Nya. Karena mustahil bagi Allah mengingkari janji-Nya.

Rasulullah Saw, dalam sebuah haditsnya juga menegaskan : “Setiap doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba kepada Allah asal tidak bercampur dengan dosa dan memutuskan tali silaturrahmi, doa itu akan dikabulkan dalam tiga pilihan : (1) Diturunkan seketika di dunia dalam bentuk pemberian sesuai dengan permintaan; (2) Dijadikan simpanan di akhirat sebagai kafarat dari dosa-dosanya; (3) Digantikan sebagai ganti musibah yang tidak jadi diturunkan demi keselamatannya.”

Demikianlah doa seorang hamba kepada Tuhannya, sebagai benteng dan sebagai senjata utama dalam kehidupan seorang hamba. Oleh karena itu berdoalah selalu kepada Tuhanmu, semoga Allah memberikan taufiq, hidayah, dan ma’unah-nya kepada kita semua. Aamiin.

1 comment:

  1. salam kenal mas joyo.
    masini temanya sama dg tulisan ku😊😊
    suka suka tulisa nya.

    ReplyDelete