Monday, April 24, 2017

Perutmu Adalah Sumber Penyakitmu

Perutmu Adalah Sumber Penyakitmu
Oleh : Joyojuwoto

Sumber penyakit adalah perut, jika kita tidak berhati-hati dalam hal masalah perut maka kita akan punya banyak masalah dengan kesehatan kita. Lebih-lebih dewasa ini jika kita tidak berhati-hati dengan makanan yang kita konsumsi, maka kita akan merasakan kerugian pada saatnya nanti. Dalam sebuah riwayat dikatakan : المعدة بيت الدّاء, ada yang mengatakan ini adalah nasehatnya dokter Arab, Harits bin Kaldah yang artinya adalah : “Lambung adalah rumah penyakit.” Maka berhati-hatilah dalam mengisi perutmu dengan makanan ataupun minuman. Pilihlah makanan dan minuman yang halal dan thayyib.

Ajaran Islam memang sangat memperhatikan betul tentang makanan ini, sampai-sampai Allah sendiri memperingatkan manusia untuk memperhatikan benar dengan apa yang dimakannya. Di dalam Al Qur’an Surat Abasa, ayat 24 Allah berfirman :
فَلْيَنْظُرِ الإنْسَانُ إِلَى طَعَامِهِ (٢٤)

Artinya : “Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.”

            Dalam hal makanan yang mungkin dianggap sesuatu yang sangat remeh, Allah Swt sendiri, memperingatkan dengan serius. Karena makanan yang kita konsumsi sangat mempengaruhi kesehatan kita. Jika kita sehat tentu kita akan lebih mudah untuk menunaikan kewajiban-kewajiban kita kepada-Nya.

          Seperti yang saya kemukakan di atas kita diwajibkan mengkonsumsi makanan yang halal lagi thayyib. Kedua unsur ini harus ada dalam makanan maupun minuman yang kita konsumsi agar membawa keberkahan di dalam tubuh ini. Halal saja tidak cukup, begitu pula thayyib saja masih kurang, begitulah kesempurnaan Islam dalam memberikan petunjuk kepada hamba-hambanya.

          Wawasan mengenai makanan dan minuman ini tentu wajib diketahui oleh semua orang Islam, selain karena makan adalah aktivitas rutin yang kita kerjakan dan menjadi hak wajib bagi tubuh, mengetahui makanan yang baik dan bergizi, yang halal lagi thayyib, agar nantinya makanan yang kita konsumsi membawa dampak kebaikan bagi tubuh yang sehat dan kuat. Bukankah Allah Swt, sangat menyukai orang-orang yang kuat lagi sehat, dibandingkan orang-orang yang lemah dan tak berdaya ?

          Oleh Karena itu perhatikan betuk jenis makanan yang kita konsumsi dan cara kita mengkonsumsi makanan. Dua hal ini akan membawa afek yang baik bai kesehatan badan. Di era sekarang kita tentu prihatin dengan banyaknya jenis makanan dan snack-snack yang banyak mengandung unsure racun di dalamnya. Seperti pewarna makanan,pengawet, pemanis, perasa dan lain-lain yang tidak mentaati  kaidah kesehatan. Hampir di dalam makanan yang kita konsumsi mengandung unsure-unsur itu. Jadi jangan heran jika sekarang banyak sekali penyakit yang aneh-aneh yang menimpa masyarakat.

          Selain jenis makanan yang perlu kita perhatikan agar tubuh ini sehat adalah pola makan yang kita terapkan. Menurut Rasulullah Saw, pola makan ini sangat mempengaruhi kesehatan badan. Dalam Sebuah haditsnya beliau bersabda :

ما ملأ آدمي وعاء شرّ من بطنه بحسب ابن آدم لقيمات يقمن صلبه فإن كان لا بدّ فاعلا فثلثه لطعامه وثلث لشرابه وثلث لنفسه. (رواه الإمام احمد والترمذي وغيرها)

Artinya : Tidaklah seorang anak Adam (manusia) mengisi bejana yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah baginya beberapa suap yang bisa menegakkan tulang sulbinya. Jikalau memang harus berbuat, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya. (HR. Imam Ahmad dan at-Tirmidzi dan selainnya.)

          Dari hadits di atas Rasulullah Saw, sangat memperhatikan pola makan, jangan sampai makan sebanyak dan sekenyang perutnya, tapi cukup makan sekedarnya dan tidak terlalu kekenyangan, bahkan Rasulullah sendiri tidak pernah kenyang dalam makan. Rasulullah mengajarkan perut jangan sampai dipenuhi oleh makanan saja, namun harus dibagi sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk ruang nafasnya.

          Mari meneladani dan mengikuti petunjuk Rasulullah Saw dalam hal makan, agar makanan yang kita makan berkah dan bermanfaat untuk tubuh kita, dan mari menghindari berlebihan dalam makan agar makanan yang kita konsumsi tidak menjadi racun dan tidak menjadi sumber penyakit yang akan menggerogoti kesehatan kita. Jaga makanmu, jaga perutmu, agar kita sehat selalu.


No comments:

Post a Comment