Friday, January 16, 2015

Petuah Ndelok Jithoke Dhewe

“nDelok Jithoke Dhewe”

Pengertian secara bahasa :

Melihat pada tengkuknya sendiri.

Makna yang tersirat :
Kita sebagai manusia diajak untuk melihat dan mengetahui tentang diri kita lebih jauh. Selain ada kebaikan ada juga kekurangan dan kelemahannya. Kita diajak untuk menyadari akan kekurangan dan kelemahan diri kita sendiri. Jangan sampai seperti pepatah "Gajah dipelupuk mata tak tampak, kuman diseberang lautan tampak"

Nilai yang dapat kita petik :
Ungkapan ini mengajarkan agar setiap orang mau mawas diri. Mawas diri merupakan cara  yang menyebabkan orang mengetahui bahwa manusia dirinya juga pernah mempunyai kekurangan, dan kelemahan. Kalau orang sudah menyadari kekurangannya, maka pada dirinya pasti tidak terdapat perasaan lebih tinggi dari orang lain.Karena memang pada dasarnya Tuhan menciptakan manusia dalam kondisi yang lemah dan berkekurangan. Dalam Al Qur'an disebutkan :

وخلقنا الإنسان ضعيفا
"Dan Kami ciptakan manusia dalam kondisi yang lemah"

Dengan menyadari kondisi yang sedemikian  pada gilirannya pasti dapat menyebabkan manusia mempunyai sikap rendah hati, bertenggang rasa dan gampang memberikan maaf bagi orang yang mempunyai kesalahan/bersalah kepada kita. Karena memang pada dasarnya manusia tempatnya salah dan dosa.

ألإنسان محلّ الخطئ والنّسيان
"Manusia itu tempatnya salah dan lupa"

Oleh karena itu jangan sampai kita disibukkan menghitung kesalahan orang lain dan lupa akan kesalahan kita sendiri. Ingat selalu pesan sesepuh kita :

“Ojo metani alaning liyan,
"Ojo mitungi becike dewe”

Salam. jwt

1 comment: