Wednesday, May 30, 2012

Kungkang Hidup Menggantung Terbalik


Kungkang makan, tidur, kawin, melahirkan anak, dan mati dengan cara yang sama-menggantung terbalik di pohon.  Kungkang berpegang pada dahan pohon dengan cakarnya dan merangkak pelan sekali sehingga kelihatannya binatang ini tidak bergerak. Kenyataannya, kungkang tidur selama kurang lebih 17 jam setiap harinya. Binatang ini menghabiskan sisa waktunya untuk mencari-dengan sangat lambat-daun-daun untuk dimakan.

Sunday, May 27, 2012

Beri Kesempatan Ekspresi diri melalui gambar

Mengapa ?
Kepribadian anak akan tercermin jelas ketika dia menggambar dan mewarnai. Orang tua bisa membina pertumbuhan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar.

Bagaimana ?
- Ciptakan suasana kebebasan. Jangan mendikte anak mengenai apa yang harus dia gambar, warna apa yang harus dia pakai. Biarkan anak bereksperimen dengan krayon, spidol, cat warna atau bahan-bahan lain. Biarkan anak pula bereksperimen dengan bentuk, tema, serta warna. Suasana yang bebas akan membantu anak merasa aman dan tidak terancam. Dalam suasana seperti ini, kreativitas dan imajinasi akan berkembang dan tumbuh subur.
- Hargai hasil kreasi anak. Beri pujian walaupun gambarnya tidak sesuai dengan harapan anda.

Saturday, May 26, 2012

Nenek Pencari Kayu Disekitar Waduk Lodan

Nenek Pencari Kayu Walikukun
Masyarakat sekitar waduk Lodan mayoritas penduduknya adalah petani. Selain itu ada juga yang nyambi sebagai pencari kayu di hutan seberang. Saya katakan seberang karena memang hutannya berada di seberang waduk yang lumayan luas itu. Untuk mencapai hutan penduduk sekitar menggunakan perahu jukung dan beberapa gethek (rakit dari bambu).

Kemarin (Jum'at, 25/5/2012) ketika saya dan teman-teman liburan di sana ketepatan saya sempat mengobrol dengan dua orang nenek-nenek yang sedang membawa segendong kayu. Diatas perahu yang ditumpanginya si nenek bercerita bahwa kayu itu dijual seharga Rp 15.000,- kepada pengepul yang mencari kayu sebesar tongkat anak pramuka digunakan untuk cagak (penyangga) tanaman melon. Tak menyangka ternyata kayu segendongan nenek itu beratnya luar biasa. Saya sendiri tidak kuat untuk mengangkatnya sendirian. Selain kayunya masih basah ternyata kayu tersebut adalah jenis kayu walikukun yang terkenal berat dibandingkan dengan kayu jenis lainnya.
Saya heran dengan tenaga nenek-nenek tua tersebut. Walau dengan susah payah menggendongnya kayu itu pun naik di atas tubuhnya yang renta. Dengan terseok si nenek membawa kayu itu pulang. Demi sesuap nasi kadang seseorang memang mampu melakukan hal-hal yang diluar batas kemampuannya. Atau bahkan mungkin terpaksa dilakukan karena tidak ada pilihan yang lebih baik dari hal tersebut.

Waduk Lodan Potensi Yang Terabaikan

Waduk Lodan Sarang

Wadok Lodan terletak di Kec. Sarang Kab. Rembang. Letaknya lebih kurang 20 KM dari jalan raya pantura. Tepatnya di pertigaan pasar Sarang ke arah selatan. Untuk mencapai lokasi tidaklah susah karena jalurnya sudah beraspal semua.

Waduk Lodan selain digunakan sebagai sarana pengairan lahan pertanian disekitarnya juga dimanfaatkan untuk PDAM untuk memasok kebutuhan air masyarakat setempat dan sekitarnya. Waduk Lodan tergolong luas, waduk itu dibangun menempati lahan seluas 119, 5 Ha (http://kangtarom.wordpress.com/2009/01/12/sertifikasi-waduk-lodan-belum-turun/)

Waduk yang terletak di tepi hutan itu sebenarnya menyimpan potensi lain yang luar biasa jika pemerintah daerah mau serius menggarap menjadi aset wisata andalan daerah. Mulai dari wisata kuliner, wahana bermain anak-anak dan keluarga hingga mungkin dijadikan semisal vila-vila tempat melepas lelas di akhir pekan. Waduk Lodan dikelilingi bukit-bukit kecil yang menawan, dan hutannya pun masih terlihat alami, namun saya tidak sempat melihat keadaan satwa liarnya. 

Disekitar waduk Lodan kondisinya juga masih sepi, hanya ada satu warung ikan bakar yang dikelola secara tradisional dan terkesan apa adanya, sebab mungkin kurangnya pengunjung yang datang ke tempat tersebut.
Waduk yang selesai dibangun sekitar 4 tahun yang lalu oleh pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah Jepang itu menunggu sentuhan dingin dari tangan para investor untuk menjadikannya sebagai lokasi impian kita bersama. Salam.

Thursday, May 24, 2012

Sungai Krawak

Walang Angkup

Bermainlah Bersama Anak Anda

Mengapa kita harus bermain ?
Kadangkala anak membutuhkan orang tuanya bukan sebagai orang tua, melainkan sebagai teman. Sekali-kali bertindaklah sebagai teman dan bermainlah. Nikmati kebersamaan bersama anak anda.

Bagaimana Caranya ?
- Luangkan waktu bersama anak anda. Bermain bersama anak bisa menguras energi cukup banyak dan ini tidak mudah bagi orang tua yang sudah bekerja seharian penuh. Karena itu orang tua perlu taktis. Jika stamina anda masih baik, anak akan menikmati kegiatan-kegiatan fisik seperti berlari, melompat, bermain petak umpet, dan sebagainya. Jika anda sedang lelah anak juga bisa diajak menikmati permainan yang lebih tenang seperti kartu, balok, monnopoli, merangkai kata dan kalimat.
- Pada masa ini, anak juga menikmati permainan imajinasi seperti kereta-keretaan, rumah-rumahan. Untuk bermain kereta-keretaan, anda dan anak anda bisa menggunakan beberapa kursi yang dijejer. Jika anda sedang lelah, ambil peran sebagai masinis, sehingga anda tidak akan bergerak sebanyak penumpangnya. Untuk bermain rumah-rumahan, jungkirkan kursi dan tutupi dengan kain sprei.
- Nikmati acara permainan ini. Tersenyum dan tertawalah bersama anak anda.

Selamat bermain, tut tut tut tut...awas keretanya jalan...hehe !!

Wednesday, May 23, 2012

1 Rajab 1433

Hari ini adalah awal masuknya bulan Rajab dalam artian sekarang adalah tanggal 1 Rajab 1433 H. Bulan Rajab adalah termasuk salah satu dari empat bulan yang dimulyakan oleh Allah, atau sering kita sebut sebagai bulan muharram. Bulan-bulan tersebut adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. 

Banyak riwayat yang menerangkan tentang keutamaan bulan Rajab ini, bahkan Rosulullah dalam musnad Imam ahmad dari Anas bin Malik ketika memasuki bulan Rajab beliau selalu berdo'a :
ALLAHUMMA BAARIK LANA FI RAJABA WA SYA'BANA WA BALLIGHNAA RAMADHANA..
Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami hingga bulan Ramadhan..

Bulan Rajab juga bulan yang istimewa bagiku, bagi kehidupan rumah tanggaku, karena pada hari ini tepatnya menjelang dinihari buah hatiku yang pertama lahir. Alhamdulilla begitu besarnya karunia Allah kepadaku sang buah hati lahir dengan normal di sebuah rumah bersalin di Jatirogo. Begitu lega rasanya setelah menunggu kurang lebih 9 bulan. hari-hariku terasa cerah dengan kehadiran sang permata hati menambah sumringahnya keluarga kami. Dan hari ini adalah tahun kedua dari kelahiran anakku menurut hitungan kalender Qomariah, semoga buah hatiku menjadi anak yang sholehah menurut tuntunan dan sunnah dari Nabi Besar Muhammad shallallahu 'Alaihi Wa Sallam. Amien. Ingatlah anakku Engkau terlahir dengan menyeberangi samudra kawah sang Ibu, maka hendaklah engkau selalu ingat akan hal itu. Ibumu adalah surgamu, dan Ibumu juga neraka bagimu. Salam.

Tuesday, May 22, 2012

Ayo Bermain !!!

Bermain adalah dunia dari anak-anak, bahkan kehidupan anak ya bermain itu sendiri. Jadi bermain itu sangat penting sekali bagi anak-anak. Bahkan seorang pakar perkembangan manusia mengatakan bahwa "Anak berkembang dengan cara bermain. Dunia anak adalah dunia bermain. Dengan bermain anak-anak menggunakan otot tubuhnya, menstimulasi indra-indra tubuhnya, mengeksplorasi dunia sekitarnya, menemukan seperti apa lingkungan yang ia tinggali dan menemukan seperti apa diri mereka sendiri. (Papali dalam bukunya Human development)

Monday, May 21, 2012

Apel Pagi

Sebelah kananku Pak Ikhwan dari Kepanjen Kidul Blitar sedang  dua disebelah kiriku Pak Muslih dari Temboro Magetan dan Pak Irfan dari Jember.Kegiatan apel pagi ini dilaksanakan dalam rangkaian acara diklat pengelola perpustakaan se Jawa Timur tanggal 3 s/d 11 Mei 2012 di Balai diklat Kementerian Agama Jl. Ketintang Madya No. 92 Surabaya.



Sunday, May 20, 2012

Rosulullah dan Pengemis Yahudi

Suatu hari di sudut pasar kota Madinah ada seorang pengemis Yahudi yang buta. Ia setiap hari selalu berkata, 'Wahai saudaraku, janganlah kalian mendekati Muhammad. Dia itu orang gila. Dia pembohong. Dia adalah tukang sihir. Jika kalian mendekatinya pasti kalian akan dipengaruhinya.'
Setiap pagi Rosulullah mendatanginya dengan membawa makanan dan tanpa berkata sepatah kata pun Rosulullah menyuapi makanan yang dibawanya kepada pengemis itu, walaupun pengemis itu selalu berpesan agar tidak mendekati orang yang bernamg Muhammad. Rosulullah saw. melakukannya hingga menjelang beliau wafat. Setelah Rosulullah wafat, tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu.
suatu hari Abu Bakar berkunjung ke rumah anaknya, Aisyah istri Nabi. Beliau bertanya kepada anaknya, 'wahai anakku, adakah sunnah Rosulullah yang belum aku laksanakan ? Aisyah menjawab, 'Semuanya sudah engkau kerjakan, hanya ada satu sunnah.' Abu bakar bertanya, 'Apakah itu ?' Aisyah menjawab, 'Setiap pagi Rosulullah selalu pergi ke ujung pasar dengan membawa makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang berada di sana.
Keesokan harinya Abu Bakar pergi ke pasar dengan membawa makanan untuk diberikan kepada pengemis itu. Ketika Abu Bakar mulai menyuapinya si pengemis marah sambil berteriak, 'Siapakah kamu?' Abu Bakar menjawab, 'Aku orang yang biasa menyuapimu, Pengemis itu berkata, 'Bukan engkau bukan orang yang biasa mendatangiku. Apabila ia dtang kpdku, tdk susah tngan ini memegang dan tdk susah mulut ini mengunyah. Orang yang biasa mendatangiku itu selalu menyuapiku, tetapi terlebih dahulu dihaluskannya makanan tersebut dg mulutnya setelah itu ia berikan kepadaku dengan mulutnya sendiri.'
Abu Bakar tak dapat menahan air matanya. Ia menangis sambil berkata kepada pengemis itu, 'Aku memang bukan orang yang biasa datang kepadamu. aku adalah salah seorang dari sahabatnya. Orang yang mulia itu telah tiada. Ia adalah Muhammad Rosulullah. ''Begitu mendengar penjelasan Abu Bakar tersebut pengemis itu pun langsung menangis. ''Benarkah ?''katanya. ''selama ini aku selalu menghinanya, memfitnahnya, ia tidak pernah memarahiku sedikitpun. Ia mendatangiku dengan membawa makanan setiap pagi tanpa pamrih. ia begitu mulia. ''Pengemis Yahudi tersebut akhirnya bersyahadat dan memeluk Islam di hadapan Abu Bakar.

Gubuk Di Tengah Ladang Jagung




















Monday, May 14, 2012

Panduan Rihlah KMI ASSALAM 2012


Panduan Rihlah KMI ASSALAM 2012

   1.      Bersedekah Sebelum berangkat bepergian, karena   sedekah dapat menolak bala’ dan musibah.
   2.      Mempersiapkan bekal perjalanan
   3.      Pamitan kepada kedua orang tua
   4.      Membaca doa keluar rumah
بسم الله توكّلت على الله لا حول ولا قوّة إلاّ بالله......              
   5.      Ketika naik kendaraan mengucapkan doa
سُبْحانَ الَّذِيسَخَّرَلَنَا هَذَاوَمَاكُنَّا لَهُمُقْرِنِينَ

“Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya…” (QS. Az-Zukhruf : 13) Kemudian ucapkan zikir subhanallâh tujuh kali, alhamdulillâh tujuh kali dan lâ ilâha illallâh tujuh kali.
   6.      Boleh Menjama’ dan meng-qhasar Sholat ketika dalam perjalanan.
   7.      Membawa oleh-oleh untuk keluarga



Tata Cara Menjama’ dan Meng Qashar Sholat

Biasanya para musafir kalau mengerjakan shalat jama’ sekaligus diqashar (diringkas). Adapun prakteknya sama dengan shalat jama’ taqdim dan shalat jama’ takhir. Hanya saja karena mengerjakannya diringkas, maka shalat dzuhur, ashar dan isya dilakukan hanya 2 raka’at. Kedua shalat dikerjakan dalam satu waktu dan jumlah raka’atnya menjadi 2, kecuali shalat maghrib hanya bisa dijama’ tapi tidak bisa diqashar.
Disamping itu di dalam menjalankan shalat qashar tidak ada tasyahud awal. Karena di dalam shalat qashar seperti shalat dzuhur, shalat ashar dan shalat isya’ hanya dikerjakan 2 raka’at. Jadi pada waktu raka’at yang kedua langsung tasyahud akhir dan salam.
Contoh niat shalat jama’ taqdim qashar:
اصلى فرض الظهر ركعتين مجموعا بالعصر جمع تقديم قصرا لله تعالى
“Saya tunaikan dzuhur diringkas 2 raka’at dijama’ taqdim dengan shalat ashar, sekaligus diqashar, karena Allah Ta’ala”.
Contoh niat shalat jama’ takhir qashar:
اصلى فرض العشاء ركعتين مجمعوعا اليه المغرب جمع تاخير  قصرا لله تعالى
“Saya tunaikan shalat fardhu isya dua rakaat, dijama’ takhir dengan maghrib sekaligus diqashar karena Allah Ta’ala”.

Tata Cara Shalat Jama’
a. Cara mengerjakan shalat jama’ taqdim
Bila seseorang hendak shalat dzuhur dan ashar pada waktu dzuhur (jama’ taqdim) kerjakanlah shalat dzuhur sampai malam, terus disambung dengan shalat ashar sampai selesai. Niat shalat ashar yang dijama’ taqdim dengan shalat dzuhur dikerjakan waktu dzuhur:
اصلى فرضى الظهر اربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تقديم لله تعالى
“Saya tunaikan shalat fardu dzuhur empat rakaat, dijama’ taqdim dengan shalat ashar karena Allah Ta’ala”.
b. Cara mengerjakan shalat jama’ takhir
Bila seseorang hendak shalat maghrib dan isya pada waktu isya (jama’ takhir) kerjakanlah shalat isya sampai sama terus sambung dengan shalat maghrib sampai selesai. Dan pada waktu shalat yang pertama harus dilakukan niat untuk mengerjakan shalat pada waktu yang kedua. Adapun niatnya sebagai berikut:
اصلى فرض العشاء اربع ركعات مجموعا اليه المغرب جمع تاخير لله تعالى
“Saya tunaikan shalat fardhu isya empat rakaat dijama’ takhir dengan maghrib, karena Allah Ta’ala”.

“Have a Good Trip”
PANITIA

Tuesday, May 8, 2012

Sepuluh Hari

Sepuluh hari adalah waktu yang saya tarik garis batas dari tanggal 3 s/d 12 Mei 2012, sepuluh hari adalah waktu dimana aku meninggalkan kampung halamanku, meninggalkan almamaterku, meninggalkan anak istriku, sepuluh hari adalah hari-hariku di Surabaya tepatnya di Jl, Ketintang Madya 92. Sepuluh hari adalah masa diklat perpustakaan yang kulalui bersama teman sekelasku, teman dari berbagai penjuru di wilayah Propinsi Jawa Timur. Ada yang dari Banyuwangi, Lumajang, Situbondo, Jember, Malang, Blitar, ada juga yang dari Gresik, Lamongan, Jombang, Babat, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo, Pacitan, ada pula yang dari pulau garam Madura...
Sepuluh hari.....
Ya sepuluh hari dalam keakraban
Sepuluh hari dalam kebersamaan
Dalam kerukunan
Dalam kekompakan
Tawa
Gurau
Saling goda
berbaur bersama dalam sepuluh hari itu..
Ini adalah hari yang ke enam
maka..
Mari kita tunggu empat hari kedepan
Salam