Saturday, February 25, 2012

Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization


Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization
Model ini dirancang untuk menggabungkan insentif motivasional dari penghargaan kelompok dengan program  pembelajaran individual yang cocok dengan tingkatan yang dimiliki oleh siswa.
Siswa dikelompokkan kedalam empat atau lima orang secara heterogen. Setiap siswa mengerjakan unit-unit program matematika sesuai dengan kemampuan masing-masing. Artinya, dalam suatu tim bisa saja si A mngerjakan unit 2, si B mengerjakan unit 5. para siswa mengikuti rangkaian kegiatan yang teratur, mulai dari membaca lembar pembelajaran, mengerjakan lembar kerja, memeriksa apakah dia telah menguasai keterampilan dan mengikuti tes.
Anggota tim bekerja secara berpasangan, saling bertukar lembar jawaban dan memeriksa pekerjaan temannya. Jika seorang siswa berhasil mencapai atau melampaui skor 80, dia mengikuti final tes. Anggota tim bertanggung jawab meyakinkan bahwa temannya telah siap mengikuti final tes. Baik tanggungjawab individual dan penghargaan kelompok ada di dalam metode pembelajaran ini.
Setiap minggu guru menjumlahkan banyaknya unit yang telah diselesaikan oleh semua anggota tim dan memberikan sertifikat atau penghargaan lainnya kepada tim yang memenuhi kriteria berdasarkan jumlah final tes yang berhasil dilampaui.

2 comments:

  1. Wah..Metode yang menarik dan seperti perlu untuk direalisasikan tuh :) Nice Post mas:)

    ReplyDelete
  2. suwun Kak Juwita...metode dan sistem yg baik akan membawa kebaikan juga tentunya, Salam...

    ReplyDelete