Saturday, February 4, 2012

Beri kesempatan kepada anak anda untuk menentukan pilihan-pilihan sesuai dengan kapasitasnya.


Beri kesempatan kepada anak anda untuk menentukan pilihan-pilihan sesuai dengan kapasitasnya.

Mengapa ?

Banyak orang dewasa bersikap plin plan dan tidak mampu membuat keputusan. Orang-orang ini sebetulnya kurang mempunyai kesempatan selama masa kecilnya untuk belajar menentukan pilihan-pilihan bagi dirinya sendiri. Orang tua mereka bersikap dictator dan menentukan setiap pilihan dan keputusan bagi kepentingan anak mereka. Akibatnya, anak menjadi kurang terlatih dan percaya diri sehingga tidak bisa menentukan pilihan buat dirinya sendiri sampai mereka dewasa.

Bagaimana ?

-          Usahakan untuk tidak selalu membuat keputusan untuk anak anda. Beri kesempatan agar dia bisa membuat pilihan-pilihan untuk dirinya sendiri. Pilihan-pilihan ini bisa menyangkut makanan, pakaian, serta mainannya.
-     Memang apa yang dipilih anak belum tentu berkenan bagi orang tua. Dalam hal makanan, anak hanya memikirkan kesenangan dan kenikmatannya sedangkan orang tua memikirkan kesehatan dan gizi. Tapi hal ini tidak berarti orang tua bisa mengabaikan keinginan anak dan membuat keputusan sendiri untuk anak. Sebaliknya orang tua bisa mengarahkan anak untuk membuat pilihan yang bijak.

2 comments:

  1. yang bagus memberikan kebebasan pada tepatnya, kalau menutup kebebasan ketika tidak tepat maka kesalahan yang mungkin akan terjadi.

    ReplyDelete
  2. betul mas...sarujuk kulo, hehe...salam

    ReplyDelete