Tuesday, January 31, 2012

Anda Ingin Bahagia dan Sukses ?


Anda Ingin Bahagia dan Sukses ?

Sukses dan bahagia adalah dambaan dan impian semua orang, lalu bagaimana caranya  ? mudah buanglah nasib sial dari diri anda mudah kan !. pertanyaan selanjutnya tentu bagaimana cara membuang sial itu sendiri ?
menurut kepercayaan masyarakat jawa orang yang tidak bahagia dan selalu sial harus diruwat, tentunya cara ini tidak semua orang mempercayainya. Lalu adakah cara lain yang semua orang bisa menerima dan melakukannya ? tidak ada yang tidak mungkin  asal kita tahu caranya. 
            Berikut ada beberapa langkah yang apabila dilakukan dengan sepenuh hati dijamin anda akan bahagia dan sukses tanpa efek samping. Langkah-langkah tersebut adalah :
1.      Yakin
Yakin adalah sumber kekuatan, dengan keyakinan yang kuat insyallah kita bisa meraih apa yang kita harapkan dan yang kita cita-citakan. Kita yakin setinggi apapun cita-cita kita pasti mudah bagi Allah jika telah berkenan mengabulkan doa dan harapan kita.
2.      Khusu’
Jika kita khusu’ dan tidak mudah berpaling dari tujuan awal insyallah  kita bisa focus dengan apa yang kita harapkan, ketika kita focus apa yang kita targetkan  akan mudah tercapai.
3.      Ikhlas
Seorang yang bercita-cita ia butuh power untuk mewujudkan cita-citanya dan power itu adalah ikhlas. Dikatakan dalam kitab Idhotun Nasyi’in bahwa :   العمل جسم روحه الإخلاص amal itu bagaikan badan sedang ruhnya amal adalah ikhlas. Jadi intinya amal atau cita-cita yang tidak menyertakan ikhlas di dalamnya tentu tidak sempurna sebagaimana jika badan kita telah tidak ada ruhnya.
4.      Pasrah
Pasrah yang dimaksud disini bukanlah pasrah total atau fatalis, tetapi yang dimaksud pasrah adalah kita menyerahkan segala hasil dari amal dan cita-cita kita kepada dzat yang Maha kuasa. Sehingga kita tidak terbebani ketika kita bercita-cita. Jadi serahkan urusan yang bukan urusan kita itu kepada yang telah mengurusnya yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Dalam kitab Hikam Syeihk Ibn Atho’illah berkata :

ارح ىفسك من التدبير فما قام به غيرك عنك لا تقم به لنفسك

“Lambaikan hatimu dari apa yang sudah dalam pengaturan, apa yang sudah diatur oleh selainmu, maka kamu jangan mengaturnya untuk dirimu”

Dengan demikian kita tidak punya urusan sama sekali apakah cita-cita berhasil atau tidak, dan yang menjadi urusan kita adalah kita berusaha semaksimal mungkin untuk meraih cita-cita tersebut sedang hasilnya serahkan saja kepada Allah Yang Maha Kuasa.

5.      Syukur
The most powerfull prayer gratitude, doa yang paling ampuh adalah syukur. Ya dengan bersyukur kita akan merasa bahagia dan tidak mudah putus asa. Apapun yang kita hadapi harus kita syukuri, memang tidak mudah bersyukur ketika kita sedang menghadapi suatu musibah tapi kita perlu mendisilinkan diri untuk bersyukur dalam kondisi yang bagaimanapun (the discipline of gratitude). Cari dan temukan nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita, tentu kita tidak akan bisa untuk menghitungnya, jadi sebenarnya tidak layak bagi kita untuk tidak bersyukur. Dalam Q.s Ibrahim ayat 34 Allah berfirman :

وان تعدّوا نعمة الله لا تحصوها .....

 “Dan jika kalian menghitung nikmat-nikmat Allah maka niscaya kalian tidak akan mampu menghitungnya.

Jadi berbahagialah kita semua karena kita memang layak untuk bahagia.

1 comment:

  1. Bersedekah juga bagus sob kalau ingin bahagia, istilahnya saling berbagi gitu. Yang utama di keluarga dulu, jika ada lebih baru kesekitar deh :)

    ReplyDelete