Sunday, July 31, 2011

mutiara hikam 13

Termasuk suatu kebodohan adalah orang yang menghendaki perubahan dari keadaan yang telah ada dalam satu kurun waktu, terhadap selain keadaan yang sudah diperlihatkan Allah kepadanya pada waktu itu.

Mutiara hikam


Saturday, July 30, 2011

Mutiara hikam 12

Diantara yang menunjukkan kekuasaan Allah kepada ialah, Dia menghijabmu dengan tanpa adanya maujud yang menyertai-NYA

Mutiara hikam 11

Bagaimana hati akan mampu bersinar, apabila karakter-karakter kejadian alam masih tergambar di dalam cerminnya?, atau bagaimana akan mampu berpindah (hijrah) menjumpai Allah, apabila hati masih terbelenggu dengan kekuatan syahwatnya?, atau bagaimana seseorang berkeinginan keras untuk memasuki hadirat Allah, padahal dia belum bersuci dari jinabat kelalaiannya?, atau bagaimana dia berharap dapat memahami kehalusan rahasia-rahasia Allah, padahal dia belum mau bertaubat dari kesalahan-kesalahannya ?..

Anak Kura-kura tidak pernah melihat induknya


kura-kura betina bertelur sebanyak 200 butir di sebuah lubang yang ia gali di tanah. Ia menutupi telur-telurnya dengan tanah atau pasir lalu pergi. Dua atau tiga bulan kemudian, telur-telur ini menetas. Anak kura-kura keluar dari cangkang telur dan berlari ke tempat yang aman. Mereka harus buru-buru pergi sebelum tertangkap oleh pemangsa.

Anak Kupu-kupu tampak seperti ulat


Seekor kupu-kupu memulai kehidupan sebagai sebutir telur yang diletakkan kupu-kupu betina pada sehelai daun. Pada waktunya telur ini menetas dan seekor ulat merangkak keluar. Ulat ini adalah anak kupu-kupu. Ulat tumbuh makin besar dan makin besar. Suatu hari ulat ini lenyap menjadi sebuah rumah yang ia bangun mengelilingi dirinya. Setelah beberapa bulan, seekor kupu-kupu dewasa muncul dan terbang. Wow cantik sekali..

Friday, July 29, 2011

Tahukah anda 2 ?

Seekor aligator mempunyai dua mata yang menonjol pada bagian atas kepalanya. mata ini memungkinkan aligator memburu binatang di darat sambil berenang di air. namun jika musuh menyerang aligator dapat menarik matanya ke dalam tengkoraknya.

Anak Domba langsung berjalan setelah lahir


Pada musim semi, domba betina melahirkan satu atau dua anak. dalam beberapa menit, anak domba itu bangkit di atas kakinya dan mulai berjalan. anak domba minum susu dari tubuh induknya. tak lama kemudian anak domba sudah menjadi bagian dari kawanan domba, yang berlarian dan berlompatan bersama yang lain.

mutiara hikam 10

Tidak ada lagi yang lebih bermanfaat bagi hati kecuali uzlah, karena dengannya alam fikir akan menjadi lapang.

Marhaban ya Ramadhan

MARHABAN YA RAMADHAN..MARHABAN SYAHROS SIYAM..NAS-ALUKA RIDHOOKA WAL JANNAH WA NA'UUDZU BIKA MIN SAKHOTIKA WANNAR..AL 'AFWU MINKUM JAMII'AN..jwt

Mutiara hikam 9

Tanamlah wujud dirimu di dalam tanah yang dalam, segala yang tumbuh dari yang tidak ditanam pertumbuhannya tidak akan menjadi sempurna.

Mutiara hikam 8Mutiara hikam 8

Beraneka macam jenis amal supaya terjadi beraneka macam jenis warid yang masuk (dalam hati). maka beberapa amal adalah bentuk keadaan, sedang ruhnya adalah keikhlasan yang dirahasiakan dalam amal tersebut.

Thursday, July 28, 2011

mutiara hikam 7

Apabila Allah berkehendak membukakan wijhah hatimu untuk menerima ma'rifat, maka tidak peduli lagi walau amalmu sedikit. hal itu karena apabila Allah membuka hatimu semata-mata karena Allah berkehendak memperkenalkan diriNYA kepadamu. Ketahuilah bahwa sesungguhnya ma'rifat itu didatangkan untukmu dan amalmu adalah bentuk persembahan untukNYA, mana yang lebih tinggi nilainya bagimu, apa yang datang darimu atau apa yang didatangkan kepadamu ?

Wednesday, July 27, 2011

Mutiara hikam 6

Tertundanya pemberian setelah doa itu dipanjatkan dengan berulang-ulang, hal itu jangan menimbulkan putus asamu kepada Allah. sebab Allah telah menjamin diterimanya doa, akan tetapi pilihan Allah untukmu bukan mengikuti pilihanmu untuk dirimu dan di dalam waktu yang dikehendaki Allah bukan di dalam waktu yang engkau kehendaki.

Mutiara hikam 5Mutiara hikam 5

Kesungguhan dalam mengusahakan sesuatu yang sudah terjamin bagimu dan keteledoran dalam menjaga apa yang diwajibkan bagimu, menunjukkan tanda-tanda bahwa matahatimu dalam keadaan tertutup.

Mutiara hikam 4

Lambaikan hatimu dari apa yang sudah dalam pengaturan, apa yang sudah diatur oleh selainmu maka kamu jangan mengaturnya untuk dirimu.

Tuesday, July 26, 2011

Mutiara hikam 3Mutiara hikam 3

Kemauan yang menggelora tidak akan mampu menembus tirai takdir.

Mutiara hikam 2

Kehendakmu untuk menggapai maqom tajrid padahal kehendak Allah mendudukkanmu di maqom asbab adalah merupakan kehendak syahwat yang halus. dan kehendakmu untuk menduduki maqom asbab padahal kehendak Allah mendudukkanmu di maqom tajrid adalah berarti engkau telah turun dari tingkat yang sangat tinggi.

Mutiara Hikam 1

Tanda-tanda bergantung kepada amal, kurangnya pengharapan ketika lemahnya amal

Tuesday, July 19, 2011

Wejangan Sunan Drajad

1. Memangun resep teyasing sasomo (Kita selalu membuat senang hati orang lain)
2. Jroning suka kudu eling lan waspada (dalam suasana riang kita harus tetap ingat dan waspada)
3. Laksitaning subroto tan nyipto marang pringgo bayaning lampah (dalam perjalanan untuk mencapai cita-cita luhur kita tidak peduli dengan segala bentuk rintangan)
4. Meper hardaning pancadriya (kita harus selalu menekan gelora nafsu)
5. Heneng-hening-henung (dalam keadaan diam kita akan memperoleh keheningan dan dalam keadaan hening itulah kita akan mencapai cita-cita luhur
6. Mulyo guna panca waktu (suatu kebahagiaan lahir batin hanya bisa kita capai dengan sholat lima waktu
7. Menehono teken marang wong kang wuto
Menehono mangan marang wong kang luwe
Menehono busono marang wong kang wudo
Menehono ngiyup marang wong kodanan.

Sunday, July 17, 2011

Sesanti Sunan Drajat

Menehono teken marang wong kang wuto
Menehono mangan marang wong kang luwe
Menehono busono marang wong kang wudo
Menehono ngiyup marang wong kodanan.
Yang mana maksud dari sesanti tersebut adalah :
Berilah ilmu agar orang menjadi pandai
sejahterakanlah kehidupan masyarakat yang miskin
ajarilah kesusilaan orang yang tidak punya malu
beri perlindungan bagi orang yang menderita. jwt

Sunday, July 10, 2011

Salah pesen (cerita lucu)

Cepu, pukul 10.50 WIB. siang itu terik matahari membakar ujung rambutku. dengan langkah yang tergesa aku dan temenku Sam tengak-tengok mencari temannya yang telah menunggu kami di pertigaan Ketapang selatan. selang beberapa saat kami pun bertemu. temennya Sam bernama Taqin, ia menggandeng anak laki-lakinya yang dipanggil Nafis. Karena kondisi yang panas akhirnya kami pun mencari warung kopi. tepat di depan kami ada warung makanan Panineuan. hehe..udara panas+kopi panas jadinya sueger puool. Mas Taqin masuk warung dan langsung pesen secangkir kopi, aku dan sam yang masuk belakangan pesen es. sam pesen es jreng sedang aku masih bingung harus pesen es apa. akhirnya aku ingat ketika akan masuk warung tadi ada tulisan di banner yang dtempel di depan warung TEH sovy, aku pun jadi penasaran gimang si rasany a teh sovy itu? dengan spontan aku pun pesen 'Mbak kulo pesen teh sovy aja.
ee..bukannya si mbak penjual tadi membuatkan teh tapi malah tertawa ringan. si mbak tadi lalu bilang TEH itu maksudnya MBAK, bukan teh minuman sebagaimana yang aku pikirkan. hehe..sory
mas brow salah pesen. lagian di pojok cepu ja pakai bahasa Sunda

Saturday, July 9, 2011

Menebar Salam

MUTIARA HIKMAH:
Sabda Rasulullah SAW: "Demi Allah yg jiwaku ada ditangan-Nya, kamu tiada masuk surga sehingga kamu beriman, dan tidak beriman diantaramu sehingga ada kasih sayang pada sesama manusia. Sukakah saya tunjukkan perbuatan kalau kamu lakukan timbul rasa kasih sayang? Maka sebarkanlah salam diantara kamu."
{HR. Muslim}

Doa jowo menyambut kelahiran jabang bayi

Syahadat 3x, sholawt 7x, al qodr 7x, lalu membaca mantra : He ngger bambang kumolo bambang kumali sok nek lahir dadio bocah sing utomo, migunani bagi nuso lan bangsa khususe ing agama islam manut miturut tata kramane nabi Muhammad lan wong tuwo lorone. Amien

Wednesday, July 6, 2011

Lima Belas Alasan Merindukan Ramadhan (6, 7)


6.        Dicintai Allah
Nah, sesesorang yang meneladani Allah sehingga dia dekat kepada-Nya. Bila sudah dekat, minta apa saja akan mudah dikabulkan. Bila Allah telah mencintai hambanya, dilukiskan dalam satu hadis Qudsi, "Kalau Aku telah mencintai seseorang, Aku menjadi pendengaran untuk telinganya, menjadi penglihatan untuk matanya, menjadi pegangan untuk tangannya, menjadi langkah untuk kakinya." (HR Bukhari)

Berita Lensa


Berita Lensa

Maharesi Goa hantu

Berita Lensa (jelajah alam)

Alam memberikan apa yang kita inginkan, keindahan, tantangan, kebutuhan kita dan semua. oleh karena itu mari bersama lestarikan alam kita.

Berita Lensa

Team jelajah alam; Dari kiri Mas Sam, Mas Hery & Mas joyo.
Lokasi : pegunungan utara Bangkok Kec. Kerek
Targer : golek susoh manuk..hwhwhwh...

Sahabat Bilal bin Rabbah


Bilal bin Rabah

Siapa nyana kata-kata yang keluar dari mulut seorang budak Habsyi yang kulitnya hitam legam, kurus kerempeng, tinggi jangkung, berambut lebat, dan bercambang tipis itu suatu ketika berubah menjadi yel-yel yang diteriakkan para mujahid muslim dalam Perang Badar. "Ahad... Ahad...! (Allah Yang Mahatunggal... Allah Yang Maha Tunggal...!)

Kata-kata ini semula meluncur deras dari Bilal bin Rabah, seorang budak dari Bani Jumah, ketika ia disiksa atas perintah majikannya, Umayah bin Khalaf, dengan cara ditelanjangi dan dibakar diterik panasnya padang pasir sambil ditindih batu panas membara. Kata-kata yang disebut Bilal itu menggantikan nama Lata dan 'Uzza yang diteriakkan para pendera agar diikrarkan Bilal sebagai tanda tunduk dan patuhnya mereka terhadap tuhan-tuhan mereka. Kata-kata itu pula yang akhirnya membuat Umayah bin Khalaf menggigil ketika menghadapi Perang Badar. Seolah mengingatkannya akan kegigihan, keteguhan, dan keberanian seorang budaknya dulu yang tetap melafadhkan kata itu sekalipun nyawa menjadi taruhannya.

Tuesday, July 5, 2011

Serial Menjadi Orang Tua Bijak/ bagian 9


9. Berpisah dengan anak tanpa rasa cemas

Mengapa ?

Sekali-kali perpisahan dengan orang tua memberikan manfaat buat perkembangan anak. Perpisahan bisa membantu anak untuk mandiri dan berani.anak akan merasa dirinya mampu tidak bergantung pada orang tua. Selain itu, kesempatan ini juga akan member pengalaman pada anak bahwa bersama orang lain (bukan orang tua) bisa juga menyenangkan. Dengan kata lain, anak bisa meluaskan lingkungan sosialnya.

Lima Belas Alasan Merindukan Ramadhan (5)


5. Ibadah istimewa
Keistimewaan puasa ini dikatakan Allah lewat hadis qudsinya, "Setiap amalan anak Adam itu untuk dirinya, kecuali puasa. Itu milik-Ku dan Aku yang membalasnya karena ia (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku." (HR Bukhari Muslim)

Menurut Quraish Shihab, ahli tafsir kondang dari IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, puasa dikatakan untuk Allah dalam arti untuk meneladani sifat-sifat Allah. Itulah subtansi puasa.