Monday, May 30, 2011

Berdzikir kepada Allah

'LIKULLI SYAI-IN SHOQOOLAH, WA SHOQOOLATUL QOLBI DZIKRULLOH'..Tiap segala sesuatu itu ada pembersihnya, dan pembersih hati adalah dzikrulloh..
Sudah selayaknya seorang muslim mengorentasikan hidupnya hanya untuk dzikir kepada Allah. Seluruh hidupnya adalah dzikir, tiap detak jantungnya adalah dzikir, tiap hembusan nafasnya adalah dzikir, berdirinya, duduknya, diamnya, tidurnya senantiasa berdzikir kepada Allah. Siangnya dzikir malamnya dzikir, seluruh semesta diwarnai dengan dzikir, seorang muslim lisannya selalu basah karena dzikir kepada Allah, sebagaimana yang disabdakan Rosululloh : LA YAZAALU LISAANUKA RADBAN MIN DZIKRILLAH, itulah profil seorang muslim, berdzikir dengan khusyu', rendah diri dihadapan Tuhan, penuh cinta dan harap akan karuniaNYA. JWT

TAKUT KEPADA ALLAH

WA IYYAAYA FARHABUUN..'dan hanya kepada-Ku kamu harus takut (tunduk). 2:40.
Takut kepada Allah adalah kewajiban bagi seorang mu'min, rasa takut akan siksa, rasa takut akan ancaman Allah, rasa takut kepada hisab yang buruk, kesemuanya akan menjadi salah satu daya pengontrol bagi kehidupan seorang muslim.
Banyak sekali ayat al Qur'an yang menjelaskan akan dahsyatnya siksaan Allah di hari akhir, hal ini dimaksudkan agar kita selalu ingat, waspada, dan berhati-hati dalam bertindak, lebih dari itu seharusnya ketika asma Allah disebut hati kita bergetar karena takut kepadaNYA. 'INNAMAL MU'MINUUNA ALLADZIINA IDZA DZUKIRALLAH WAJILAT QULUUBUHUM'..
Rasa takut kepada Allah menjadi tiket seorang mu'min untuk mendapatkan perlindungan Allah kelak di yaumil qiyamah. Rosululloh saw bersabda : Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah di bawah naunganNYA, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naunganNYA, yaitu : pemimpin yang adil, pemuda yang senantiasa beribadah kepada Allah, dua orang saling mencintai karena Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seorang lelaki yang diajak seorang perempuan cantik dan berkedudukan untuk berzina tetapi dia berkata 'aku TAKUT KEPADA ALLAH', orang yang sedekah tetapi ia merahasiakannya seakan-akan tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya, dan seorang yang mengingat Allah di waktu sunyi sehingga bercucuran air matanya. (muttafaq 'alaih).
Oleh sebab itu marilah selalu mengingat kebesaran Allah agar hati kita selalu takut kepadaNYA. Wa LIMAN KHOOFA MAQOOMA RABBIHI JANNATAANI..amien. Jwt

Sunday, May 29, 2011

Menjadi orang yang banyak berdoa

'AD-DU'AA-U HUWA AL IBADATU' doa adalah ibadah..
Begitulah istimewanya sebuah doa, bahkan oleh Nabi doa tidak sekedar dimaknai sebagai permintaan hamba kepada Tuhannya, tapi lebih dari itu, doa adalah wujud ketaatan dan keridhaan hamba kepada sang Khaliq. Allah sendiri pun menjamin doa seorang hamba akan dikabulkanNYA sebagaimana dalam surat al-Mu'min ayat 60 : UD-'UUNII ASTAJIB LAKUM, berdoalah kepadaKU, niscaya akan AKU perkenankan bagimu. Lalu dimana kesalahannya ketika seseorang sudah merasa banyak berdoa tetapi doanya tidak makbul? Untuk itu hendaknya kita mengikuti syariat Nabi ketika berdoa.
Nabi adalah orang yang berdoa disegala keadaan, baik kala susah maupun senang, beliau selalu mengulang doanya sebanyak tiga kali, beliau mengawali doa dengan Pujian kepada Allah, menghadap kiblat, dalam keadaan suci, memilih waktu mustajabah dan yang terpenting adalah keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah swt. Oleh karena itu ASYRIKNAA YA AKHII FI DU'AA-IKA, Sertakan kami wahai saudaraku dalam setiap doamu...jwt

Kuatkan Asa

Saudaraku...Allah menguji keikhlasan dlm kesendirian dan keramaian..
Allah memberi kedewasaan ketika masalah berdatangan..
Allah melatih ketegaran dlm kesakitan..
Tetap istiqomah. Sertakan Allah disetiap langkah.
Hati yg siap memikul amanah adalah hati yg kuat, teguh dan tulus. Tak berharap apapun, tp sanggup memberi dgn segenap apapun.
Sebab hanya dr Allah berharap balasan..
Jgn minta dikurangi bebanmu. Tp mintalah punggung Ini agar kuat membawanya..
Aamin.

AR-RAAHATU FIL JANNAH

Bgtu bnyak warna dlm perjalanan qt, ada yg ttp bertahn,tp tak sdikit yg pergi meninggalkn.
Beginilh jln dakwah mengajarkan qt ttg ukhuwh,ttg pengorbanan dan keikhlasan.
Kadang kesal, lelah,canda, dan kadang tawa.
Tak kuat untuk brtahn,tp sayng utk ditinggalkn.
Kadang hati bertanya,
"Ya Allah, kpn akmi bs bristirahat dr jln ini ?"
Allah mnjwb:
"Nnt,ktika tiba wktu dmn kaki2 klian tlah mnginjak surgaKU."

Wallahu'alam...

AR-RAAHATU FIL JANNAH

Bgtu bnyak warna dlm perjalanan qt, ada yg ttp bertahn,tp tak sdikit yg pergi meninggalkn.
Beginilh jln dakwah mengajarkan qt ttg ukhuwh,ttg pengorbanan & keikhlasan.
Kadang kesal, lelah,canda,& kadang tawa.
Tak kuat untuk brtahn,tp sayng utk ditinggalkn.
Kdang hati brtany,
"Ya Allah,kpn kmi bs bristirahat dr jln ini ?"
Allah mnjwb:
"Nnt,ktika tiba wktu dmn kaki2 klian tlah mnginjak surgaKU."

Wallahu'alam...

CINTA

'AL MAR-U MA'A MAN AHABBA'
Seseorang akan bersama orang yang dicintainya.
Cinta, sebuah kata yang penuh makna, rangkaian huruf yang tak berhenti dibicarakan, karena cinta memang sebuah fenomena. Tentang cinta Rosululloh bersabda dalam hadits Abdullah bin mas'ud : Seseorang datang kepada Rosulullah saw, dan berkata, 'Wahai Rosulullah, bagaimana pendapatmu tentang seorang yang mencintai suatu kaum, tapi tidak mampu menyusul (amal sholeh) mereka? 'Maka nabi bersabda, 'SESEORANG AKAN BERSAMA ORANG YANG DICINTAINYA' .
Sekarang siapa yang kita cintai? Yang kita idolakan? Yang membuat kita histeria? Itulah yang besok akan bersama kita..jwt

Friday, May 27, 2011

MENJADI SEORANG YANG SABAR

Menjadi seorang yang sabar disaat menghadapi berbagai ujian adalah pilihan seorang muslim, sabar terhadap kefakiran duniawi, sabar saat kelaparan melanda, sabar terhadap kelelahan hidup, sabar..sabar..dan selalu sabar, bukan menyerah kalah, bukan frustasi, bukan memaki terhadap ketentuan Ilahi, tapi sekali lagi sabar. Kesabarannya adalah kesabaran yang mengharap pahala dari Allah dalam semua urusan kehidupannya, kesabarannya adalah kesabaran orang yang yakin dengan pertolongan Allah, merasa tenang dengan janji Allah, merasa cukup dengan bertawakal kepada Allah, kesabarannya adalah buah dari keimanannya terhadap Allah. ALA INNA NASROLLAHI QORIIB..bukankah pertolongan Allah itu dekat?..kesudahan yang baik akan diraih oleh orang-orang yang sabar; Allah bersama oRang-orang yang sabar; jwt

Thursday, May 26, 2011

Menjadi Seorang yang Benar

Seorang mu'min yang sejati adalah yang benar kepada Tuhannya, benar kepada dirinya sendiri, benar kepada orang lain, benar kepada keluarganya, benar kepada tetangganya, bahkan benar kepada orang yang menjadi musuhnya.
Sesungguhnya kebenaran itu adalah dari Tuhan, maka hendaknya kita jangan ragu. 'AL HAQQU MIN ROBBIKA FALA TAKUUNANNA MINAL MUMTARIN'
Kebenaran mampu membawa pelakunya kepada kebajikan, dan kebajikan akan menuntun pelakunya ke surga.
Begitulah teladan yang diberikan oleh qudwah kita nabi Muhammad saw. Bahkan beliau adalah sosok yang paling benar dan terpercaya sehingga mendapat gelar AL AMIN pada zamannya.
Cukuplah firman Allah Surat at taubah ayat : 119 menjadi dasar kita untuk menjadi seorang yang benar dan selalu bersama orang-orang yang benar. 'Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar. Jwt

SMS dari mas Sunardi

Ikhwati ...! Ktika wjah penat mmikirkan dunia, mk brwudhulah

Ktika tngan lelah mnggapai cita, brtakbirlah

Ktika pundak tak kuat mmikul amanah, mk brsujudlah



Mendekat pd Allah
Agar tunduk saat yg lain angkuh..
Agar Tangguh saat yg lain Tumbang..
Agar Tegar saat yg lain Terlempar..

Wednesday, May 25, 2011

Nasehat ust. Ahmad salim dalam walimatul arusy

Melanjutkan rangkaian acara walimatul arusy dirumah bpk. Edi suwarno jelaru, dalam acara Mauidhoh hasanah, ust. Ahmad salim menerangkan tentang syariat islam sebagai solusi untuk permasalahan kehidupan. Salah satunya adalah nikah, yang diantara hikmahnya untuk menenangkan gejolak nafsu, selain itu nikah adalah wujud ketaatan kita kepada Allah dan Rosulnya. Dan beliau juga menegaskan bahwa manusia hidup ada yang menghidupkan, jika manusia ingin hidup bahagia sudah seharusnya manusia mengikuti apa yang digariskan oleh yang membuat hidup. Jwt.

Siapakah ahlus sunnah wal jama'ah? (Pertanyaan)

Siang tanggal 24 mei 2011, saya mendatangi acara walimatul arusy di jelaru, dalam sambutan serah terima pengantin yang disampaikan oleh wakil dari pengantin laki-laki meminta agar sang pengantin bisa dididik di keluarga pengantin perempuan dengan didikan ala AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH. Di era sekarang ini manakah yang layak mendapat julukan AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH ? Mohon penjelasan bagi para pembaca semua..sebelum dan sesudahnya kami sampaikan jazakumullah katsiiron..

Tuesday, May 24, 2011

Matematika Tahun 2011

Fonomena tahun 2011
Tahun ini punya banyak tanggal unik, 1/1/11, ada juga tanggal cantik 1/11/11,wah yang ini pun tak kalah menarik 11/1/11, hehe..ini pun bisa 11/11/11. Jadi bingungkan ? semuanya serba 1.
Sekarang coba jumlahkan dua digit tahun kelahiran anda yang belakang dengan umur anda tahun ini. Jumlahnya insyallah '111'.
Contoh : anda lahir tahun 1981, tahun ini umur anda 30 jadi 81+30 = 111. OK SILAHKAN MENCOBA...

TERAPI AIR PUTIH

Terapi air putih :
- Dua gelas air setelah bangun tidur akan membantu mengaktifkan organ-organ internal tubuh
- Satu gelas air 30 menit sebelum makan untuk membantu fungsi pencernaan dan ginjal
- Satu gelas air sebelum mandi membantu menurunkan tekanan darah
-Satu gelas air sebelum tidur untuk menghindari stroke dan serangan jantung..mari kita budayakan hidup sehat dengan air putih.

Sunday, May 22, 2011

Rijalul Dakwah

Disetiap zaman selalu ada pejuang-pejuang dakwah yang kelelahan, jika mereka lelah karena mengusung kebenaran, maka Allah akan menguatkan mereka kembali, tapi jika mereka lelah karena tergoda dunia maka akan ada banyak pejuang yang bersedia menggantikannya. Dakwah tak pernah kehabisan pejuang, kereta dakwah akan terus melaju menghancurkan setiap penghalang dan hanya akan berhenti di stasiuan firdaus yang padat akan mujahid dambaan umat..semoga Allah senantiasa menguatkan kita di jalan dakwah, menuntun kita dikala lelah melanda, menghibur dengan janji manisNYA dikala sedih dan duka..NAHNU RIJAALUL DAKWAH..

Saturday, May 21, 2011

Pitutur Kejawen

Naliko jagad Gonjing, Dahana mangalat sumamburat ing Angkasa, Samudra kocak lir kinebur,Ono Udan ning dudu banyu nanging kerikil panas lan Geni. ing mongko amung siji Manungsa kang bisa kalis ing Rubeda, yoiku Jalmo kang wis kuwawa mancik sajatining Andong Waringin, satemah Lebur sajiwa ngabekti marang ALLOH kang memayu jagad..Mulo elingo sing sopo suci adoh soko bebayaning pati..

Umi Para akhwat Itu telah pergi

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmat Alloh ustadzah Yoyoh Yusroh Anggota DPR RI dari PKS hr ini pk.03:30 di RS Mitra Keluarga Plumbon, Cirebon.karena kecelakaan mobil di tol. Mohon doa ikhwan dan akhwat semuanya

Indahnya Hidup tanpa Keluhan

--QS:AlMa'arij:19-35

INDAHNYA HIDUP TANPA KELUHAN
Kluh ksah,tabiat umum manusia. Dgn iman,tabiat itu brubah mnjadi ridha,syukur,sabar,tawakkal.
Iman yg efektif pasti mmbahagiakn.
Bahagia dg ksucian hati.Bahagia krn slalu brsangka baik kpd Allah.Bahagia krn jiwa yg kuat.Bahgia krn slalu brada di Jln Allah.Bahagia krn tdk trbebani dg ''Apa Kata Orang''.Bahagia krn tdk trbebani dg utang/cicilan yg brlebihn.
MARI EFEKTIFKAN IMAN. Tak peduli sebesar apapun problem bangsa kita, sebab! Bersama Allah, harapan itu masih ada..

Kereta dakwah

Perjalanan waktu IQomatuddin ibrat sbuah kereta wkt yg trs brjalan mnuju satu tujuan, ad org2 yg ikut naik &mbantu mmasukkn arang&batubara pd lokomotifny, ad yg hany mlihat2 sj dr sisi kiri-kananx, ad jg yg mghadang dtengah2 relx, brgsiapa yg ikut naik akn sampai pd tujuanx, yg hany mlihat2 sj akn trtinggal kreta, sdgkan yg mghlangi akn bnasa. smg Allah snantiasa mneguhkn Qt djln prjuangn ini & tdk prnah akn turun dr kreta pjuangn ini.

"Serulh manusia kpd jln Rabbmu dg hikmah &nasehat yg baik...."


Allohumma yubarik fi dakwatina..;-)

Pahit : Manis

Melangkah dlm perjuangan berarti rela dg kepahitan,
Biarlah diri menangis,
terluka, kecewa,
asal tetap berada di jalan Allah, daripada mati tanpa Mujahadah..
Kita tak sanggup selamanya terluka, tapi ingatlah setiap tetesan air mata
itulah mahar kita ke surga-Nya..
Jika ditanya: "Kenapa perjuangan itu pahit?"
Jawabnya: ''Karena surga itu manis"
Selamat berjuang MENCARI RIDHO ALLOH Saudaraku,
raihlah kemenangan hakiki...

Back to Syahadat

FASTAQIM RABI'UL AWAL
BACK TO SYAHADAT
Kesibukan duniawi seakan tiada akhir.Mengejar obsesi yg tiada puncak. Banyak kewajiban ditunaikan apa adanya.Bahkan kadang diabaikan sbagiannya.
Khusyu' mnjadi kurang penting. Dzikrul maut tereliminasi oleh dzikrul utang,dzikrul proyek, dzikrul peluang.
Pndekatan kpd org berduit mnjadi prioritas dibanding pndekatan kpd isteri/suami dan anak. Bahkan mngalahkan pndekatan kpd Allah.
PENGHAYATAN SYAHADAT SOLUSINYA.
ASHBAHNAA 'ALA FITROTIL ISLAM.........

Friday, May 20, 2011

Sahabat

Seorang sahabat bertanya kepada Nabi saw :
"Siapakah sahabat yg paling baik bagi kami?" Jawab Nabi: Seseorang yg apabila kamu memandangnya teringat kepada Allah, apabila kamu mendengar ucapannya pengetahuan akan Islam bertambah, apabila kamu melihat kelakuannya,kamu teringat pada akhirat..

subhanallh, , n p'tnyaan qt saAt ni, bkn sdahkah qta pny tman sp'T itu, , tpi sdahkh qt mjdi tMn yg sP'ti itU. .??

Nasehat Sang Murabbi

Menu kita:
Dakwah bukannya tdk melelahkan,
Bknnya tdk membosankan,
Bknnya tdk menyakitkan,
Bahkan para pjuang risalah bknny sepi dari godaan kefuturan...
Tidak!
Justru kelelahan&rasa sakit itu slalu brsama mrka spanjang hidupny, stiap hari, Akhirny mjadi adaptasi..
Dan rasa lelah itu sendiri yg akhirny lelah utk mencekik iman...
Bgitu pula rasa sakit, Hngga luka tak kau rasa lg sbg luka..

(alm. Ust. Rahmat Abdullah)

mutiara kehidupan 2

Saudaraku...
Hari ini adlh milik kita,
1detik yg lalu adlh sejarah kita.

Luruskan niat, kuatkan tekad, sempurnakn ikhtiar.

Persembahkn karya terbaik kita
Utk Allah, agama & bangsa kita.

Rebut setiap peluang.
Kembangkn kreativitas.

Tak ada yg mau mengubah nasib kita, selain diri kita sendiri.

Tak ada yg benar2 peduli dg kondisi kita kecuali kita sendiri

Ubah tiap hambatan mjadi peluang.
Ubah tiap peluang mjadi keberuntungan

Manfaatkn waktu kita tuk dakwah, m'perbaiki diri &berkarya

Tiada hari tanpa penambahan kualitas iman, ilmu & amal.

Mudah2an kita bs istiqomah!

mutiara kehidupan

LA YUKALLIFULLAAHU NAFSAN ILLA WUS 'AHA..
Satu ujian membuat satu cerita brbeda untuk tiap manusia. Ada yg lemah,gontai,putus asa..tak brgairah menghadapi ujian kehidupan. Hatinya lesu,jiwanya kerontang.
Namun ada pula yg tegak brdiri.
QUM FA ANDZIR WA ROBBAKA FAKABBIR
Merekalah mnusia yg kokoh diterpa badai,tetap berdiri penuh harapan. Tangguh hadapi ujian tapi hati tunduk pada Allah.
Merekalah para da'i yg Allah limpahkan kesabaran.
Mereka pemenang sejati, peraih medali di akhirat nanti!

mutiara siroh sahabat

كان خالد بن الوليد اذا أخذ المصحف أخذه وهو يبكي ويقول
"شغلنا عنك الجهاد"..
فما أجمل العذر!
فبماذا نعتذر نحن اليوم؟!!
"sahabat kholid ibnul walid r.a, ketika mengambil mushaf, ia mengambilnya sembari meneteskan butiran2 air matanya, kemudian ia berkata "kami sibuk dgn berjihad, sehingga tak sempat membacamu {alquran},
O..alangkah indahnya "udzur" kholid tidak sempat membaca alquran! apa alasan kita, jika hari ini kita tidak sempat membaca alquran?!
--sahabat kholid tidak sempat membaca quran sebab beliau sibuk mengamalkanya,kt?

mutiara hadits

عن عبد الله بن عمر رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ما من أيام أعظم عند الله ولا أحب إليه من العمل فيهن من هذه الأيام العشر فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد. رواه أحمد

Sunday, May 8, 2011

Tarbiyah Ruhiyah


Tarbiyah Ruhiyah

          Ruhiyah seorang dai

            Iman , ikhlas,dan optimisme adalah sifat-sifat fundamental dalam mencetak jiwa seorang dai dalam persiapannya membekali diri dengan bekal dakwah.
          Sifat-sifat tersebut hanya dapat dimiliki oleh seorang mukmin yang telah merasakan nikmatnya iman,menyatukan diri dengan islam, dan terus melangkah menuju tujuannya.

          Fungsi ruhiyah :
                          
          Ketika seseorang yang akan menyampaikan sesuatu dijalan Allah, maka hendaklah orang tersebut memilki target ruhiyah yang komponen (mencukupi) agar apa yang akan di dakwahi nya tersebut dapat membuka hati orang-orang yang yang di dakwahi nya.


          Jalan memperoleh ketinggian ruhiyah

% Taqwa sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil
% Seperti seseorang yang membawa lampu di kegelapan
% Allah memberikan jalan keluar bagi setiap masalah untuk orang-orang yang bertqwa,
Sebagaimana firman Allah :

         ...."مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجا (الطلاق :2 )
      
Artinya : “Barang siapa yang beriman kepeda Allah dan hari Akhir maka Allah akan memberikan jalan keluar setiap masalah nya”(Q.S.Attolaq : 2)


Hakikat taqwa :

Taqwa adalah sebuah perasaan yang tajam, jernih, selalu takut kepada Allah, kehati-hatian terus menerus dalam menjalini kehidupan ini.
Sedang syaikh sayyid qutb mendefinisikan taqwa sebagai kutipan ucapannya:

^ “ cerdas dalam mengamati dan menyikapi masalah-masalah yang ada dalam kehidupan dengan sikap dan peilaku yang islami dalam naungan dan ajaran agama Allah.”
^ “ cerdas dalam mengenali trik-trik syetan dalam setiap keadaan.yang bertujuan menggelincirkan manusia dari jalan kebenaran.”

Cara mencapai tingkat taqwa :

1-      ِAl- Mu’ahadah (perjanjian)

membuat perjanjian untuk diri sendiri untuk selalu berbuat kebajikan dan harus sering di ulang. Sedikit nya 17 kali setiap harinya, sebagai mana lazimnya bagi individual muslim ketika sedang melaksanakan ibadah sholat:

إياك نعبد وإياك نستعين
inilah bentuk perjanjian kita kepada Allah yang senantiasa kita lafazkan di setiap hari, dan paling sedikitnya 17 kali.

2-   Muroqobah ( merasakan kesertaa Allah)

maknanya sepertimana yang diisyaratkan oleh Al-qur’an dan sunnah’ ialah : merasakan keagungan Allah ta;ala di setiap waktu.
landasan muraqabah dapat kita temukan dalam Al-qur’an,dalam firmanNya :

الَّذِي يَرَاكَ حِينَ تَقُومُ . وَتَقَلُّبَكَ فِي السَّاجِدِينَ ( الشعراء : 218-219).
                                                                                                                       
“ yang melihat kamu ketika kamu berdiri (untuk sholat) dan melihat pula perubahan gerak badannya diantara orang-orang yang sujud                                               (Q.S Assyu’ara :218-219)



macam- macam muraqabah :

-+  muroqobah dalam melaksanakan ketaatan adalah dengan ikhlas kepada Nya.
-+  muroqobah dalam kemaksiatanadalah dengan cara taubat ,penyesalan dan meninggalkannya secara total.
-+  muroqobah dalam hal-hal yang mubah adalah dengan menjaga adab-adab terhadap Allah dan bersyukur atas segala nikmat Nya.
-+  muroqobah dalam musibah adalah dengan ridho kepada ketentuan Allah serta memohon pertolongannya dengan penuh kesabaran.

3-   Muhasabah ( introspeksi diri)

Dasar muhasabah adalah firman Allah :

)ياأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمََلون ( ( الحشر : 18 )

          “Hai orang-orang yang beriman , bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok(akhirat).dan bertaqwalah kepada Allah sesungguhnya Allah maha mengetahui ap yang kamu kerjakan (Q.S Al-hasyr :18).

4-Mu’aqobah :

          landsan mua’qobah adalah firman Allah U :

) وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ(.
“Dan dalam qishash itu ada (jaminan kelangsungsungan)idup bagimu,wahai orang-orang yang berakal , supaya kamu bertaqwa.(Q.S Al-baqarah : 179).


5-Mujahadah ( optimalisasi)

Dasar mujahadah adalah firman Allah :

) وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ(.
“Dan orang-orang yang berjihad untuk ( mencari keridhoan ) kami, benar-benar kami tunjukkan kepe=ada mereka jalan-jalan kami . dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.”(Q.S Al-ankabut :69)


factor- factor yang menumbuh suburkan Ruhiyah’.

1-    factor- factor yang berkaitan dengan kepekaan jiwa.

% selalu merasakan muraqabatullah

          sebagaimana sabda rasul :

) أن تعبد الله كأنك تراه فإنلم تكن تراه فإنه يراك( رواه مسلم
          “ hendaklah kamu beibah seolah-olah kamu melihat Allah, dan kalau kamu tidak melihayNya maka sesungguhnya Allah maha mengetahui.(H.R muslim).

% mengingat kematian dan kehidupan sesudahnya.

          Sabda rasul :

) أكثروا من ذكرها دم اللذات(
“ perbanyaklah mengingat akan pemusnah segala kenikmatan”

% membayangkan hari Akhirat dan hal-hal yang berkaitan dengannya.
Misal :
-         semua manusia dikumpulkan dengan ttelanjang bulat dan tanpa alas kaki.
-         Matahari sangat dekat dengan kepala.
-         Bumi menjadi saksi atas apa yang dilakukan seorang hamba di atas permikaannya.
-         Ada beberapa tempat dimana seseorang tak lagi mengingat siapapun selain dirinya.
-         Anggota badan menjadi saksi atas perbuatan pemiliknya.
-         Tentang kegelapan neraka yang sangat pekat .
-         Tentang lembah- lembah jahanam.
-         Tentang gada-gada neraka.
-         Tentang keburukan ahli neraka.
-         Tentang makanan dan minuman ahli neraka.
-         Tentang tangisan ahli neraka.
-         Keadaan ahli syurga.
-         Mengenal ukkuran ahli neraka.



    2-faktor-faktor amaliyah yang menumbuhkan ruhiyah.
Antara lain :

-         memperbanyak tilwah al-quran dengan tadabbur .(Q.S asshod : 29)
-         hidup bersama Rasulullah melelui sirahnya.(Q.S Al-ahzab : 21)
-         selalu menyertai orang –orang pilihan,yaitu mereka yang berhati berhati bersih dan mengenal Allah.( At-taubah : 119)
-         Dzikir kepada Allah di setiap waktu dan keadaan.(Al-baqarah : 152).
-         Menangis karena takut kepada Allah disaat menyendiri.
Keutamaan menangis :

^ mereka berada di bawah naungan Allah di hari kiamat.
^ mereka terbebas dari adzab neraka.
^ mereka berada dalam limpahan cinta kasih Ilahi.
^ mereka berada dalam ampunan dan magfirah Allah.
^ bersungguh-sungguh membekali diri dengan ibadah-ibadah nafilah.


(DR. Abdullah Nashih Ulwan)

Wednesday, May 4, 2011

Itsar, Puncak Ukhuwah


Itsar, Puncak Ukhuwah





Mukadimah
“Innamal mukminuna ikhwah. Faaslihu baina akhawaikum” (QS 49 : 10).
“Sesungguhnya mukmin itu bersaudara, maka damaikanlah orang-orang yang berselisih diantaramu”.

“Innal muslim akhul muslim” (sesungguhnya muslim itu saudara bagi muslim lainnya).

Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan Islam adalah sarana efektif dalam dakwah fardhiyah, selain itu ia juga memberikan sekaligus manfaat duniawi, ukhrawi, dan diniyah.

Persatuan dan persaudaraan yang paling kekal adalah jika didasari kesamaan dan kesatuan aqidah. Jadi asas pemersatu yang paling kuat dan langsung adalah kesatuan aqidah.

Jenis Orang Islam Yang Kejam

1.      Seorang yang berdoa untuk dirinya sendiri, dan tidak mendo'akan untuk anak-anaknya dan kaum mukmin
2.      Seorang yang pandai membaca al Qur’an, tetapi tiap harinya tidak membaca seratus ayat
3.      Seorang yang masuk masjid lalu keluar dan tidak sholat dua rokaat
4.      Seorang yang berjalan melalui kuburan kemudian tidak member salam dan mendoakan ahli kubur
5.      Seorang yang sampai disuatu kota pada hari jum’at kemudian tidak sholat jamaah
6.      Seorang yang di daerahnya didatangi seorang alim, tiba-tiba tidak mau belajar apa-apa darinya
7.      Dua orang yang bertemu diperjalanan dan masing-masing tidak menanyakan nama kawannya itu
8.      Seorang diundang pada jamuan tiba-tiba tidak dating
9.      Pemuda yang tidak bekerja dan tidak mau belajar ilmu dan kesopanan
10. Seorang yang kenyang sedang dia tahu bahwa tetangganya lapar, tetapi tidak diberi dari makanannya itu

Puncak Banyuurip


Geliat Pasar Bangilan

Pasar Bangilan